Tips Masak Pasta ala Chef Martin Praja, Pakai Virgin Olive Oil agar Lebih Sehat

LIMAPAGI - Pasta menjadi salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat. Hal ini dikarenakan pasta memiliki proses memasak yang cukup sederhana dengan waktu pembuatan yang relatif cepat.

Tak hanya itu, pasta juga menjadi sajian yang instan dan enak. Tetapi ternyata ,dalam pembuatan pasta tak semudah yang dibayangkan. Salah satu celebrity chef Martin Praja memberikan beberapa tips untuk memasak pasta.

Chef Martin Praja mengatakan bahwa pasta yang baik adalah pasta yang menggunakan bahan dasar gandum durum.&

Baca Juga: Resep Bikin Spaghetti Aglio Olio ala Restoran

"Pasta yang bagus itu menggunakan gandum durum, karena lebih banyak gizinya. Kalau mi biasa kan dari tepung terigu dan telur," ujar Chef Martin dalam rilis yang diterima Limapagi dari &San Remo.&

Chef Martin mengatakan bahwa pasta dapat digunakan sebagai alternatif pengganti mi. Selain itu, untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat, Chef Martin menyarankan untuk menggunakan virgin olive oil dengan kandungan lemak yang lebih rendah.&

"Pakai virgin olive oil, biar low fat. Terus, visual (tampilan penyajian) itu penting banget untuk menggugah selera makan," tambahnya.

Untuk tingkat kematangan pasta, Chef Martin mengembalikannya kepada selera masing-masing. Namun, secara pribadi, ia lebih menyukai tingkat kematangan al dente yang dimasak sekitar 10-12 menit.

"Tingkat kematangan pasta sebenarnya tergantung selera, tapi biasanya di tingkat al dente, yaitu setelah dimasak sekitar 10-12 menit," lanjut chef Martin Praja.

Berlanjut ke proses memasak, chef Martin Praja memberikan takaran porsi yang harus disajikan setiap memasak.

Baca Juga:&Viral! Resep Spaghetti Chiki Balls yang Creamy Banget!

"Tips memasak pasta, untuk mengetahui ukuran satu porsinya itu luasnya sekitar jempol orang dewasa. Airnya harus mendidih banget, sambil menunggu tambahkan garam untuk mempercepat pendidihan suhu air dan menyerap ke dalam spaghetti," jelas Chef Martin.

Selain itu, volume air saat memasak pasta perlu diperhatikan. Chef Martin Praja menegaskan bahwa volume air yang digunakan untuk merebus spaghetti 10 kali lipat jumlah spaghetti yang akan dimasak agar tidak lengket.&

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post