Lagi Buat Arak, Produsen Miras Oplosan Kudus Digerebek Polisi

LIMAPAGI - Satreskrim Polres Kudus belum lama ini menggerebek sebuah pabrik miras oplosan di Kecamatan Kaliwungu. Saat penggerebekan polisi dapati aktivitas pembuatan arak dan barang bukti ratusan botol miras oplosan.

Kasatreskrim Polres Kudus, AKP Agustinus David mengungkapan penggrebekan pabrik miras di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu dilakukan pihaknya pada Rabu, 1 Desember 2021 lalu. Pengungkapan pabrik miras oplosan ini bermula dari informasi warga.

"Awalnya kami menerima laporan dari warga, adanya aktivitas pembuatan miras oplosan di Desa Prambatan Lor. Laporan tersebut kami tindaklanjuti dengan penyelidikan," jelas David, Jumat, 3 Desember 2021.

Baca Juga : Polres Magelang Tangkap WNA Inggris Usai Pesan Narkoba di Situs Online

Lebih lanjut, David mengatakan saat penggerebekan pihaknya menemukan aktivitas pembuatan miras skala besar di sana. Seorang pria berusia 49 tahun berinisial MK ditemukan sedang memproduksi miras jenis arak.

Sejumlah peralatan pembuatan miras ditemukan polisi di lokasi. Antara lain, 162 liter miras putihan, ragi, bahan fermentasi dan termometer untuk mengukur kadar alkohol.

"Di lokasi, kami temukan 162 liter miras putihan yang dikemas dalam botol berukuran 1,5 liter. Lalu kami temukan juga sak berisikan ragi untuk campuran miras, termometer dan enam drum berisikan bahan fermentasi," sebutnya.

MK beserta barang bukti selanjutnya dibawa ke Mapolres Kudus untuk menjalani penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, pria 49 tahun itu terjerat Pasal 204 Ayat 1 KUHP atau Pasal 142 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

"Proses pemeriksaan sampai saat ini masih berlanjut," kata David.

KABAR LAINNYA