Ahli Mengungkapkan, 6 Makanan Ini Jadi Penyebab Rambut Rontok

LIMAPAGI - Rambut yang sehat, kuat, dan berkilau menjadi impian baik wanita maupun pria. Namun sayangnya, tak semua orang bisa memiliki impian tersebut. 

Tak sedikit yang mengalami masalah rambut rontok. Ada berbagai penyebab rambut rontok. Selain stres dan polusi, makanan juga berkontribusi sebagai penyebab rambut rontok.

Sama seperti kulit, rambut yang sehat juga menjadi indikator tubuh ternutrisi dengan baik. Sehingga, apa yang kamu makan menentukan apakah rambut menjadi sehat atau tidak. 

Baca Juga : Nggak Perlu yang Mahal, Ini 5 Tips Jitu Mengatasi Rambut Rontok

Untuk itu, para ahli mengungkapkan ada enam makanan yang harus kamu hindari untuk mencegah kerontokan rambut. Melansir dari Food.Ndtv, Sabtu, 31 Juli 2021, inilah enam makanan tersebut. 

1. Gula

Tak hanya bagi kesehatan, mengonsumsi banyak gula ternyata juga sama buruknya buat pertumbuhan rambut. Penelitian telah menunjukkan bahwa resistensi insulin, yang menyebabkan diabetes dan obesitas, juga dapat membuat seseorang kehilangan rambut atau bahkan mengalami kebotakan pada pria. 

2. Makanan tinggi glikemik

(Pexels/@vaibhav jadhav) Makanan dari tepung

Makanan tinggi glikemik dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan melonjaknya insulin serta androgen yang mengikat folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan. Makanan yang terbuat dari tepung olahan, roti, dan gula, adalah makanan dengan glikemik tinggi.

3. Alkohol

Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh protein yang disebut keratin. Keratin adalah protein yang memberi struktur pada rambut. Alkohol memberikan dampak negatif pada sintesis protein sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan tidak berkilau. Juga, konsumsi alkohol dapat membuat ketidakseimbangan nutrisi dan menyebabkan kematian folikel rambut. 

4. Soda

(Pexels/@marta dzedyshko) Soda

Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang disebut aspartam. Menurut para ahli, aspartam dapat merusak folikel rambut. Jika kamu mengalami kerontokan rambut akhir-akhir ini, maka sebaiknyya hindari mengonsumsi minuman bersoda. 

Baca Juga : Tak Selamanya Buruk, Ini Lho Manfaat Mengonsumsi Minuman Soda

5. Putih telur mentah

Telur sangat bagus untuk rambut tetapi tidak boleh dikonsumsi secara mentah. Putih telur mentah dapat menyebabkan kekurangan biotin, vitamin yang membantu produksi keratin. 

6. Ikan dengan merkuri tinggi

(Pexels/@makafood) Ikan dengan mekuri tinggi

Tingkat merkuri yang tinggi dapat menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba. Beberapa ikan perlu dihindari karena mengandung merkuri tinggi. Misalnya, ikan laut seperti ikan todak, makerel, dan beberapa jenis tuna tertentu. Kamu dapat menggantinya dengan udang, salmon, dan tuna ringan karena kandungan merkurinya lebih rendah.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.