Viral Aksi Pengutil Cabai di Pasar Induk Kramat Jati Meresahkan Para Pedagang

LIMAPAGI - Beredar sebuah video yang memperlihatkan aksi para ibu-ibu mengutil cabai dari karung para pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Perekam video yang diduga salah satu pedagang menyampaikan keresahannya atas aksi para ibu-ibu itu. Di dalam video terlihat sejumlah ibu-ibu mendekati karung cabai yang masih belum diturunkan dari mobil pengangkutan.

Ibu-ibu kemudian mengambil satu persatu cabai dari sela-sela karung jaring lalu memasukkannya ke dalam goni yang mereka bawa. Sementara beberapa dari mereka memunguti cabai-cabai yang berjatuhan di tanah.

Meskipun aksi itu tampaknya dilakukan akibat kekurangan ekonomi, namun telah merugikan para pedagang kecil sebagai pemilik cabai. Apalagi tindakan mengambil cabai dilakukan oleh beberapa orang yang tentu akan mengurangi bobot cabai yang harusnya dapat dijual pedagang.

Pengunggah video juga menjelaskan, aksi para pengutil cabai bahkan bisa lebih parah saat harga dagangan tinggi. Menurutnya para pedagang ternyata sudah cukup sering menegur pengutil, namun tidak ada yang mendengarkan teguran itu.

"Kita hanya pedagang kecil jika dagangan dicomotin begini udah ketahuan susutnya, dibilangin susah, sudah meresahkan pedagang-pedagang. Apalagi saat dagangan mahal comotinnya bisa lebih parah dari itu," ungkap pengunggah video.

Video viral itu dibagikan akun TikTok @yogasaputra792 pada Senin, 28 Juni 2021. Dalam video itu ia sebagai salah satu pedagang pun meminta bantuan atas tindakan ibu-ibu yang meresahkan itu.

"Bantu kami para pedagang karena sudah meresahkan," tulisnya lagi.

Video tersebut hingga kini telah disaksikan lebih dari 85 ribu kali dan mendapatkan ratusan komentar warganet. Mereka berpendapat aksi pengutil cabai itu telah termasuk dalam tindakan pencurian yang merugikan pedagang.

"Kalo pendapat gue sih itu sama aja kayak mencuri, soalnya itu masih nempel di karung belum jatuh," kata @Bayu Rasta.

"Udah susah, malah ngambil kayak gitu bukannya berkah malah tambah susah iya," tulis @asliwongjowo.

"Ngambilnya santai banget padahal yang punya modal menjerit timbangan jadi berkurang," balas @nurlatipah.

Simak videonya di sini.

&

Reka Kumara
Reka Kumara

A reporter who focuses on entertainment and lifestyle, such as writing articles related to general facts, viral news, movies and celebrities.

&Education background: Medan Area University, Bachelor of Communication Science.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post