Saingi WhatsApp, Aplikasi Telegram Diunduh 1 Miliar Kali

LIMAPAGI – Aplikasi pesan instan, Telegram berhasil mencetak pencapaian baru. Aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 1 miliar kali secara global.

Aplikasi yang bermarkas di Dubai, yang diluncurkan pada akhir 2013 itu berhasil melampaui angka luar biasa pada Jumat lalu.

Baca Juga: Telegram Kini Dukung Video Call hingga 1.000 Pengguna

Melansir laman TechCrunch.com, sama halnya dengan WhatsApp, India menjadi pasar terbesar bagi Telegram.

Sensor Tower menyebutkan bahwa India menjadi pasar internet terbesar kedua di dunia mewakili sekitar 22% dari pemasangan seumur hidup.

“India, diikuti oleh Rusia dan Indonesia, yang masing-masing mewakili sekitar 10% dan 8% dari (semua pemasangan),” kata Sensor Tower pada Selasa (31/8/2021).

“Penginstalan aplikasi dipercepat pada tahun 2021, mencapai sekitar 214,7 juta penginstalan di paruh pertama 2021. Kemudian naik 61% dari tahun ke tahun, yang awalnya hanya 133 juta pada Semester 1 tahun 2020,” tambahnya.

Perlu diingat bahwa jumlah pemasangan berbeda dengan basis pengguna aktif aplikasi. Telegram sendiri memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan pada awal tahun ini.

Diperkirakan lonjakan unduhan bertepatan dengan turunnya pamor WhatsApp akibat penanganan buruk dalam menyampaikan kebijakan privasinya ke pengguna. Namun, Telegram tetap menarik perhatian dalam beberapa kuartal terakhir.

Baca Juga: Video Call Grup Pakai Telegram Bisa Ditonton Banyak Orang

Sensor Tower menambahkan, Telegram merupakan aplikasi ke-15 di seluruh dunia yang telah diunduh 1 miliar kali atau lebih.

Aplikasi lain dalam daftar termasuk WhatsApp, Messenger, Facebook, Instagram, Snapchat, Spotify, dan Netflix.

(Verina Alifia)

Ahmad Luthfi
Ahmad Luthfi

An editor who focuses on news about technology.

As an editor at limapagi.id, Luthfi focuses on news related to gadgets, technology, games to science.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.