Praktisi Ungkap Efektivitas Masker Ganda Tangkal Corona Capai 90 Persen

LIMAPAGI - Praktisi kesehatan Andi Khomeini Takdir mengungkapkan penggunaan masker ganda atau lapis dapat mengurangi risiko terpapar virus Covid-19 hingga mencapai 90 persen.

Hal tersebut diungkapkan berdasarkan hasil riset Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

"Kalau kita hanya menggunakan satu (masker) maka tingkat proteksi yang dihadirkan oleh masker itu terhadap virus ini sekitar 60-80 persen. Tapi kalau menggunakan dua lapis maka tingkat proteksinya bisa naik sampai 90 persen," katanya dalam dialog virtual yang disiarkan akun YouTube @FMB9ID_IKP, Selasa, 29 Juni 2021.

Berdasarkan data tersebut, Ia mengajak masyarakat agar mulai terbiasa menggunakan masker ganda atau dua lapis dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tetapi, penggunaan masker dua lapis juga diminta untuk memperhatikan situasi dan kondisi sekitar. Atau, &menimbang seberapa perlu penggunaan masker dua lapis harus dilakukan.

"Kalau ada orang olahraga nih, lagi lari, sendiri, tidak ada orang lain yang ramai-ramai di halaman terbuka, satu (masker) mungkin sudah cukup," ujarnya.

Dokter spesialis penyakit dalam ini mengingatkan, jangan sampai penggunaan masker dua lapis di saat atau pada kondisi yang tak tepat justru malah merugikan kesehatan masyarakat.

"Jangan sampai kebutuhan dia, (saat lari) kan, metabolisme meningkat itu, perlu udara atau oksigen lebih banyak," imbuhnya.

Perihal penggunan masker ganda ini, Andi ungkapkan menanggapi himbauan Satgas Covid-19.&

Sebelumnya, Satgas Covid-19 meminta masyarakat menggunakan masker ganda saat berada di luar rumah.

&Hal ini untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 dan menekan lonjakan kasus.

Pemakaian masker dua lapis yang benar, bukan masker medis ditambah dengan memakai masker medis lagi.&

Namun, menggunakan masker medis sebagai lapis pertama, lantas di atasnya dilapisi dengan masker kain.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post