Cara Ampuh Berhenti Merokok meski Sudah Kecanduan

LIMAPAGI - Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk kardiovaskular. Bagi perokok aktif tentu sangat dibayangi oleh penyakit tersebut. Salah satu untuk mencegahnya adalah dengan mengetahui cara berhenti merokok.

Namun, tak sedikit yang merasa kesulitan untuk mencoba berhenti merokok terutama yang sudah terlanjur kecanduan akibat nikotin. Lantas bagaimana cara terbaik untuk berhenti?

Baca Juga: Tidak Dianjurkan Berhenti Merokok Lalu Beralih ke Rokok Elektrik, Ini Alasannya

Berikut tips dari dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P (K), FISR, FAPSR yang dipaparkan langsung dalam acara live instagram bersama @radiokesehatan, Selasa, 28 September 2021.

"Untuk berhenti merokok harus dilihat dari empat aspek, pertama karena kecanduan yang disebabkan komponen nikotin, kedua gejala putus dari nikotin, ketiga perilaku yang sulit memegang rokok, keempat itu faktor lingkungan," katanya.

Menurut dokter Agus, upaya yang harus dilakukan yaitu mengatasi empat aspek tersebut, dengan pertama yang harus dilakukan yaitu niat.

"Niat juga harus didukung oleh keluarga dengan niat yang kuat akan dengan mudah mengatasi berhenti merokok," ujarnya.

Selain itu perilaku juga harus dirubah untuk mencapai tujuan berhenti merokok, perilaku atau kebiasaan bisa diganti dengan beberapa kesibukan.

"Bisa dengan menjalankan hobi, misalnya bersepeda atau berolahraga rutin," tambahnya.

Ketika sudah mencoba hal di atas namun gagal ia menyarankan untuk meminta pertolongan ketenaga medis yang nantinya akan memberikan terapi ataupun obat.

Baca juga: Merokok Tingkatkan Risiko Gejala Covid-19 Lebih Berat, Ini Penjelasan Ahli

Jadi, dapat disimpulkan bagi kamu yang kecanduan rokok baik konvensional ataupun elektrik cara diatas bisa dilakukan untuk berhenti merokok. 

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post