Laju Perahu Menuju Bendungan Bintang Bano Sebelum Diresmikan Jokowi

LIMAPAGI - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 14 Januari 2022. Ia tiba bersama rombongan di Bandara Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah langsung menuju Sumbawa Barat memakai helikopter.

Di tengah perjalanan, Jokowi turun, berpindah moda transportasi menumpangi perahu menyusuri sungai menuju Bendungan Bintang Bano.

Perahu serupa punya nelayan itu tak bisa melaju tanpa kayuhan. Penumpangnya harus mendayung apabila ingin bergerak mengambang di atas sungai. Jokowi pun ikut mengayuh agar sampai tujuan.

Ibu Negara Iriana tak ingin ketinggalan. Sesekali mengayuh, sesekali melihat pemandangan. Duduk di belakangnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Rombongan tiba di tepi beberapa waktu kemudian. Jokowi bersiap melakukan pidato peresmian Bendungan Bintang Bano.

"Bintang Bano ini adalah bendungan yang ke-29 yang kita resmikan sejak 2015," kata Jokowi saat pidato peresmian di area bendungan pada Jumat, 14 Januari 2022, dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga:

"Kenapa ini kita bangun? Ketahanan pangan, kemandirian pangan, kedaulatan pangan, tujuannya akan terjadi jika di seluruh provinsi ini ada air, koncinya air. Air akan ada apabila kita memiliki bendungan yang sebanyak-banyaknya," sambungnya.

Saat tengah hari menjelang, Jokowi bersama rombongan pria melaksanakan salat Jumat bersama. Agenda Jokowi di NTB hari ini berkesudahan.

Rencananya helikopter akan kembali mengantarkan rombongan ke Bandara Zainuddin Abdul Madjid selepas siang. Jokowi akan langsung lepas landas kembali ke Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

KABAR LAINNYA