Perusahaan Pinjol di Yogya Haruskan Debt Collector Tagih Secara Kasar

LIMAPAGI - Perusahaaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang digerebek di Sleman, Yogyakarta, mempunyai cara-cara kasar menagih utang. Debt collector atau penagih utang perusahaan itu diwajibkan meneror korban.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan, manajemen perusahaan mengawal debt collector tersebut ketika menjalankan tugas. Apabila bersikap "lembek" terancam dipecat.

"Dari hasil pemeriksaan ternyata mereka mempunyai peran dan diawasi oleh pihak manajemen, pelaku berinsial AB (debt collector) benar telah meneror korban berinisial TR (korban pinjol) dengan kalimat-kalimat kasar," ucap Erdi saat ungkap kasus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Pinjol Ilegal di Yogya Peras Korban dengan Bunga Berlipat Ganda

Anjuran untuk memakai cara-cara tidak manusiawi untuk menagih utang korban pinjol datang dari petinggi perusahaan yang langsung memberikan perintah kepada karyawannya para debt collector.

"Jadi memang secara sistematis sudah dikendalikan, dalam menagih atau istilahnya untuk menemui para peminjam ini harus dilakukan secara kasar, tidak manusiawi," tuturnya.

"Dan desk collector apabila kurang keras atau lembek, mereka itu akan dipecat. Oleh karena itu terjadilah perilaku yang tidak mengenakan terhadap pelapor," sambungnya.

Perusahaan pinjol ilegal di Sleman digerebek &Polda Jabar bersama Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Kejamnya Pinjol Ilegal di Yogyakarta, Sebar Gambar Porno Berwajah Korbannya

Dalam penggerebekan itu, polisi mengamankan 86 orang untuk diperiksa di Mapolda Jabar. Setelah pemeriksaan, Polda Jabar menetapkan delapan orang sebagai tersangka. Masing-masing memiliki peran berbeda dalam bisnis pinjol ilegal ini.

Adapun delapan orang yang ditetapkan sebagai tersangka adalah RS sebagai manager atau otak daripada pinjol ilegal ini, GT menjabat asisten manajer, AZ dan RS sebagai HRD, MZ sebagai IT Support, EA sebagai leader tim desk collection, AB sebagai desk collection, EM sebagai leader tim desk collection.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post