Kenali Merkurius, Planet Terkecil di Sistem Tata Surya

LIMAPAGI - Merkurius, planet terkecil di sistem tata surya sekaligus planet yang terdekat dengan Matahari. Planet ini hanya sedikit lebih besar dari Bulan Bumi, dikutip NASA.

Dari permukaan Merkurius, Matahari akan tampak lebih dari tiga kali lipat dan juga sinar Matahari akan tujuh kali lebih terang.

Baca Juga: China Tangkap Gambar Mars Baru dari Pengorbit Tianwen-1

Kedekatan antara posisi Merkurius dengan Matahari, tidak menjadikan Merkurius planet yang lebih panas dibandingkan Venus.

Di Merkurius, Matahari tampak terbit sebentar, terbenam, dan terbit lagi dari beberapa bagian permukaan planet, hal ini terjadi karena orbit Merkurius yang elips, berbentuk telur dan rotasinya yang lamban.

Bersama dengan Venus, Bumi, dan Mars, Merkurius merupakan salah satu planet yang berbatu dan memiliki permukaan padat yang ditutupi dengan kawah seperti Bulan. Merkurius memiliki atmosfer tipis, dan tidak memiliki bulan.

Baca Juga: NASA Rilis Video Baru Teleskop Luar Angkasa Hubble

Planet ini berputar dengan lamban dibandingkan dengan Bumi, sehingga satu hari berlangsung dengan lama. Merkurius membutuhkan 59 hari Bumi untuk melakukan satu putaran penuh. Namun, setahun Merkurius berjalan cepat, hal ini dikarenakan Merkurius merupakan planet terdekat dengan matahari, ia mengelilingi Matahari hanya dalam 88 hari.

(Mutiya Rahmawati)

KABAR LAINNYA