Pemerintah akan Memberlakukan PPKM Darurat Mulai 3 Juli

LIMAPAGI - Pemerintah akan memberlakukan aturan baru dalam rangka menekan penyebaran corona. Aturan baru tersebut berupa PPKM Darurat yang rencananya akan diberlakukan mulai 3 Juli 2021.

Wacana pemberlakuan PPKM Darurat tersebut mengemuka saat rapat secara daring yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama sejumlah kepala daerah. Dari Daerah Istimewa Yogyakarta diwikili Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Kepala Biro Umum, Humas, dan Protokol Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, dalam rapat secara virtual membahas mengenai wacana pemberlakuan PPKM Darurat yang rencananya akan dilaksanakan mulai 3 Juli 2021. Teknis pelaksanaan belum bisa disampaikan, karena masih akan dibahas di pusat.

Menurut dia, intinya akan dilakukan pengetatan didasarkan laju penularan dan kapasitas respon sesuai standar WHO. Akan dibuat empat tingkat. "Teknis pengetatan akan disampaikan setelah ada pengumuman dari Presiden RI. Tadi pemerintah pusat minta seluruh peserta memberikan masukan terhadap rencana pemberlakuan PPKM darurat tersebut," katanya, Selasa, 29 Juni 2021.

"Tadi pemerintah pusat minta seluruh peserta memberikan masukan terhadap rencana pemberlakuan PPKM darurat tersebut" 

Ditya mengatakan, pada rapat tersebut, Gubernur Sri Sultan HB X menyampaikan agar pengetatan bisa dilakukan menyeluruh, tidak hanya satu titik lokasi seperti misal saja. "Jangan sampai ditutup satu lokasi, kemudian mengalihkan atau menimbulkan kerumunan di tempat lain," kata Ditya.

Namun untuk detail PPKM Darurat ini belum bisa disampaikan secara detail dulu. "Pesan dari Pak Sekda tadi agar pemberitaan tentang PPKM Darurat tidak detail dulu, karena tidak boleh mendahului pengumuman pusat, karena kebijakan tersebut sifatnya masih belum final," kata dia.

Sementara itu, perkembangan kasus corona di DIY sendiri mencapai puncaknya tercatat pada Senin, 28 Juni 2021. DIY mencatat dua rekor sekaligus, baik dari jumlah penambahan kasus maupun jumlah kematian pasien corona.

Data dari Posko Terpadu Penanganann Covid-19 Pemda DIY, pada 28 Juni 2021 terdapat penambahan 859 kasus dan 32 pasien corona meninggal. Data tersebut merupakan yang terbanyak bagi DIY sejak pandemi corona. Sedangkan hari ini, 29 Juni 2021 ada penambahan 850 kasus dan 18 pasien meninggal. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post