Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini

LIMAPAGI - Ketika memiliki Surat Izin Mengemudi alias SIM, seseorang bisa dianggap sudah memiliki kemampuan mengoperasikan mobil maupun sepeda motor. Sehingga, ientitas berwujud kartu itu wajib dibawa ketika berkendara.

SIM yang diterbitkan di Indonesia ada beberapa golongan. Paling banyak dikenal masyarakat adalah SIM A yang diperuntukan bagi pengemudi mobil. Sementara pengendara sepeda motor, berkewajiban memiliki dan membawa SIM C.

Baca Juga: Kantor Polisi di India Jadi 'Kuburan' Motor-motor Keren

Keduanya memiliki masa berlaku selama 5 tahun, sejak awal penerbitannya. Pengemudi mobil maupun pengendara sepeda motor perlu memperhatikan masa berlaku kartu identitas tersebut.

Dengan demikian, pemilik SIM A dan C wajib melakukan perpanjangan sebelum tanggal masa berlakunya habis. Jika ini tak dilakukan, harus dilakukan pembuatan baru sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Mengutip dari laman Korlantas Polri, Sabtu, 31 Juli 2021, warga di Jakarta dan sekitarnya yang berencana memperpanjang kartu identitas itu, bisa memanfaatkan lokasi-lokasi SIM Keliling (Simling).

Pemilik SIM Keliling di wilayah Jakarta Timur bisa menyambangi Mall Grand Cakung. Sementara yang berdomisili di Jakarta Barat, disiapkan layanan serupa di Mall Citraland.

Warga yang ada di sekitaran Jakarta Pusat, bisa mendatangi Kantor Pos Lapangan Banteng.Sementara pemilik SIM di Jakarta Selatan, tersedia layanan di  Kampus Trilogi Kalibata & Jln M.Saidi Raya Petukangan.

Perlu dicatat, pelayanan menggunakan SOP Kesehatan yaitu pemohon wajib menggunakan masker serta menerapkan physical distancing. Selain itu, empat lokasi Simling hanya melayani warga dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Baca Juga: Sedan Langka Honda Dilelang Rp5,9 Miliar, Mahal Banget!

Terkait biaya perpanjangannya, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, SIM A sebesar Rp80.000. Sementara untuk SIM C dikenakan biaya Rp75.000.

Perlu diketahui, ada beberapa syarat yang wajib disiapkan untuk perpanjangan SIM, yakni foto Kopi KTP yang masih berlaku. Lalu, siapkan juga foto Kopi SIM lama dan SIM asli, serta surat/bukti cek kesehatan.

Pius Mali
Pius Mali

Editor who focuses on Automotive, is more about cars and motorcycle

Currently working at Limapagi.id with a automotive desk focus, covering product review, maintanance, industrial, and also unique information about vehicle.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.