Batu Besar di Objek Wisata Gunung Gajah Kulon Progo Longsor

LIMAPAGI - Bongkahan batu sangat besar di kawasan Objek Wisata Gunung Gajah yang berada di Teganing II, Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, longsor. Batu berukuran melebihi truk ini melintang dan menutup jalan.

Praktis ruas jalan utama yang menghubungkan Siluwok - Tegalsari ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Jalur ini juga menghubungkan Bandara YIA dengan sejumlah objek wisata yang ada di Perbukitan Menoreh hingga tembus ke Candi Borobudur.

Baca Juga: Update Longsor Banjarnegara, Dua Rumah Rusak dan Delapan Orang Luka

Penyebab bongkahan batu besar ini longsor karena hujan yang mengguyur kawasan tersebut pada Sabtu, 30 Oktober 2021 malam. "Kejadian bongkahan batu longsor tadi malam karena memang hujan deras deras tadi malam," kata Kapolsek Kokap Ajun Komisaris Polisi Sujarwo, Minggu, 31 Oktober 2021.

Dia mengatakan, akibat kejadian ini polisi bersama Koramil, PMI, relawan dan warga setempat bahu membahu melakukan pnegkondisian menutup jalan ini untuk sementara. "Karena praktis yang bisa dilewati," ungkapnya.

Kepala BPBD Kulon Progo Joko Satyo Nahrowi mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemda DIY untuk penanganan bongkahan batu yang menutup jalan ini. Alasannya, status ruas jalan milik Provinsi DIY. "Kami sudah laporkan ke Pemda dan BPBD DIY dan sudah ke lokasi melakukan assesment. Kami siap membantu," ungkapnya.

Baca Juga: Empat Korban Banjir Bandang dan Longsor di Kabupaten Luwu Ditemukan

Dia belum bisa memastikan penyebab longsornya batu besar ini. Apakah murni karena hujan deras yang mengguyur wilayah setempat atau ada aktivitas lain seperti penambangan. "Dari informasi yang kami terima ada alat berat di lokasi tersebut, apakah itu yang membuat tanah menjadi labil atau karena hujan," kata Joko.

Sementara itu, armada Damri yang biasa melewati ruas jalan tersebut untuk sementara dialihkan. "Dialihkan sampai kondisinya bisa dilalui," kata Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo L Bowo Pristiawan.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post