Daftar Tempat Wisata di Pontianak, Keraton hingga Destinasi Pantai

LIMAPAGI - Berencana liburan ke kota Pontianak, Kalimantan Barat? Tepat sekali! Kali ini, ada beberapa daftar tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Pontianak yang dijuluki Kota Khatulistiwa, menyimpan beragam destinasi menarik yang membuat para pengunjung belajar banyak hal, terutama tentang budaya lokal.

Rekomendasi Destinasi Wisata di Pontianak

Setiap mengunjungi tempat wisata di Pontianak, akan memberi pengalaman liburan berkesan.

Kota ini bisa dijelajahi seorang diri maupun bersama keluarga, teman dan pasangan. Apalagi, suasana kota ini berbeda dari kota besar lainnya.

Tanpa berlama lagi, berikut Limapagi bagikan rekomendasi destinasi wisata di Pontianak, Kalimantan Barat untuk masuk bucket list perjalanan.

1. Tugu Khatulistiwa

Source: Pinterest

Tugu Khatulistiwa menjadi ikon Kalimantan Barat, khususnya kota Pontianak. Kuranglah lengkap ke Pontianak tanpa datang ke lokasi ini, apalagi jaraknya dari kota hanya 3 kilometer saja.

Menilik sejarah, konstruksi awal saat pertama kali dibangun tahun 1928, tugu ini hanya berbentuk tonggak dengan tanda panah.

Pada tahun 1990 direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta duplikat tugu dengan ukuran 5 kali lebih besar dari tugu asli.

Warga Pontianak biasanya memperingati Hari Kulminasi Matahari setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September di sini.

Pada waktu tersebut, terjadi fenomena alam dimana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Membuat seluruh benda tidak memiliki bayangan.

Lokasi: Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak.

2. Keraton Kadariyah

Source: Pinterest

Tempat wisata terbaik di Pontianak memang banyak menyelipkan cerita sejarah salah satunya Keraton Kadariyah. Cikal bakal lahirnya Kota Pontianak.

Keraton ini dibuat dari kayu belian dan dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrachman Alkadrie tahun 1771. Bangunan saat ini merupakan hasil renovasi. Luasnya 60x25 meter dengan bahan-bahan kayu pilihan.

Di dalam bangunan, terdapat berbagai peninggalan kerajaan seperti singgasana raja, pakaian, keris, dan meriam. Keraton ini merupakan keraton terbesar yang ada di provinsi Kalimantan Barat.

Lokasi: Jalan Tanjung Raya 1, Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

3. Pantai Paku Pulau Temajo

Source: triptrus.com

Ingin berwisata pantai di Pontianak tentu sangat banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi, termasuk Pantai Paku Pulau Temajo.

Di teluk ini, para wisatawan dapat melihat deretan pulau kecil seperti Pulau Datuk, Pulau Setinjang, Pulau Pandamar.

Saat malam hari, pengunjung bisa menyaksikan kegiatan nelayan yang melaut dengan lampu minyak berkelap-kelip di kejauhan seperti kunang-kunang di tengah lautan.

Pantai Paku Pulau Temajo memiliki air laut yang jernih, batu-batu besar menghiasi pinggiran pantai dan suara deburan ombak. Bahkan, ada batu mirip kodok menghadap ke laut dan disebut batu kodok.

Tak ketinggalan, di sini juga ada kolam pembilasan yang airnya berasal dari air agung. Letaknya di tepi pantai.

Lokasi: Desa Sungai Kunyit, Pontianak, Kalimantan Barat.

4. Pantai Kijing

Source: travelspromo.com

Pantai ini memiliki banyak keindahan, paling terkenal yaitu pesisir pantai dipenuhi pohon kelapa dan pasir putihnya yang landai. Selain itu, juga dihiasi bukit dan pepohonan sejuk.

Menjelang sore hari dan waktu terbenam matahari di ufuk Barat, pengunjung bisa melihat siluet Pulau Temajo. Momen ini banyak dinikmati para wisatawan dari berbagai kota di Nusantara.

Tak salah jika memilih Pantai Kijing sebagai tempat wisata alam di Pontianak karena bisa menjadi obat mujarab melepas penat dan bosan setelah bekerja selama seminggu penuh.

Untuk mencapai lokasi pantai harus menempuh jarak sekitar 70 km dari kota Pontianak. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Dari kota Mempawah hanya sekitar 18 km menuju arah utara ke kota Singkawang.

Lokasi: Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sungai Kunyit, Pontianak.

5. Kampung Beting

Source: triptrus.com

Objek wisata di Pontianak berikutnya yang dapat dikunjungi adalah Kampung Beting. Keunikan kampung ini karena berada di atas tepian Sungai Kapuas dan disebut sebagai waterfront city terbaik.

Di sini pun berdiri tempat bersejarah Pontianak yaitu Kesultanan Pontianak dan Masjid Jami. Sembari menikmati suasana khas, pengunjung bisa pula berbaur langsung dengan warga setempat.

Ada jembatan gertak yang dijadikan sarana penghubung bagi tiap rumah. Banyak hal pastinya didapatkan usai berkunjung ke sini termasuk warna-warni kehidupan masyarakat setempat.

Lokasi: Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Pontianak, Kalimantan Barat terbaik yang wajib dikunjungi. Tentunya ada banyak lagi destinasi liburan di kota ini, namun pastikan tak melewatkan referensi di atas.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

KABAR LAINNYA