Sri Sultan HB X Minta Menteri Luhut Tambah Vaksin untuk Yogyakarta

LIMAPAGI - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta pemerintah pusat menambah pasokan vaksin Covid-19 untuk DIY. Tujuannya agar akselerasi mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity di Yogyakarta segera tercapai.

“Mungkin yang perlu saya sampaikan, kiranya stok vaksin yang ada DIY dapat segera ditambah, agar akselerasi vaksinasi dapat dilakukan,” kata Sri Sultan HB X dalam Rapat Terbatas Penanganan Covid-19 di DIY bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, secara daring, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: PKL dan Pertokoan Malioboro Yogyakarta Mulai Menggeliat

Kementerian Kesehatan RI terus mendorong daerah aglomerasi di Jawa, termasuk Yogyakarta untuk mencapai target vaksinasi sebesar 70 persen pada akhir Agustus 2021. Capaian vaksinasi di Yogyakarta per Juli 2021 sebesar 38 persen dari total penduduk.

Pada kesempatan itu, Menteri Luhut menyanggupi permintaan Sri Sultan terkait dengan percepatan pengiriman vaksin ke Yogyakarta. Di sisi lain, Luhut berpesan agar Pemda DIY mengupayakan penambahan jumlah shelter untuk pasien positif Covid-19.

Baca Juga: Sektor Wisata dan Ekonomi Kreatif di Yogyakarta Tuntas Vaksin Agustus 2021

“DIY itu jumlah kasus aktifnya mencapai hampir 34.000 kasus. Setidaknya jumlah shelter yang kini ada, ditambah lagi agar isoter dapat dilakukan dengan maksimal,” kata Luhut.

Menanggapi hal itu, Sri Sultan HB X akan mengupayakan penambahan shelter untuk isolasi pasien positif Covid-19 DIY. Untuk saat ini, terdapat 55 shelter yang dikelola Dinas Sosial DIY dengan daya tampung sebanyak 2.407 orang. Pemda DIY akan mempertimbangkan untuk mengoptimalkan beberapa bangunan yang ada di wilayah DIY yang tersebar di kabupaten/kota untuk dijadikan shelter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post