Dugaan Kebocoran Data Pasien Covid-19 Milik Kemenkes, Dokumen Capai 720 GB

LIMAPAGI - Baru-baru ini publik dihebohkan kembali dengan kabar mengenai kebocoran data. Terkini, data pasien Covid-19 milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diduga bocor.

Data tersebut kabarnya dijual di forum gelap atau raid forum. Informasi yang terungkap menyebutkan bahwa data yang tersebar itu berasal dari 6 juta pasien dan dokumen yang diduga bocor ialah isi rekam medis pasien.

Baca Juga: Hacker Retas Data Anggota Polri, Apa Saja Informasi yang Bocor?

Akun Twitter @ibnux mengunggah sebuah postingan yang memperlihatkan tangkapan layar situs reddit.com. Dalam screenshot tersebut, disebutkan ada dokumen berukuran 720GB dan database 6 juta termasuk lab ECG dan scan radiologi.



Kabarnya, pengunggah memberi sampel medis berukuran 3.26 GB.

Kabar mengenai dugaan kebocoran data bukan pertama kali terjadi. Pada September 2021, data pengguna yang berada di aplikasi Electronic Health Alert Card (eHAC) buatan Kemenkes diduga bocor.

Baca Juga: Kominfo Mulai Investigasi Kasus Kebocoran Data Polri

eHAC merupakan aplikasi perizinan untuk syarat menggunakan transportasi udara selama masa pandemi Covid-19. Menurut laporan, ada sekitar 1,3 juta data-data yang terdiri dari informasi pribadi masyarakat, seperti nama lengkap dan NIK.

KABAR LAINNYA