Hyundai Teken Kontrak Bangun Industri Baterai Kendaraan Listrik di RI

LIMAPAGI - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Konsorsium Hyundai dan PT Industri Baterai Indonesia (IBI) untuk membangun industri baterai kendaraan listrik. Adapun nilai investasi dari perjanjian ini sebesar USD1,1 miliar dengan menyerap 1.000 tenaga kerja.

Bahlil mengatakan, penandatanganan MoU itu merupakan salah satu bagian dari komitmen investasi perusahaan asal Korea Selatan itu sebesar USD9,8 miliar. Dia mengakui bahwa perjanjian kerja sama ini terealisasi dengan proses dan negosiasi yang panjang sehingga dapat menguntungkan semua pihak.

Baca Juga: Gandeng Korea Selatan, Proyek Baterai Listrik di RI Segera Dimulai

“Implementasi kerja sama ini, perusahaan wajib menggandeng pengusaha dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Hal ini merupakan amanat dari Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK),” kata Bahlil melalui keterangannya, Kamis 29 Juli 2021.

Menurutnya, proyek ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia secara keseluruhan dari hulu sampai dengan hilir. Upaya tersebut akan menjadi perhatian khusus pemerintah yang bertujuan untuk memulihksn kembali ekonomi yang tengah terpukul pandemi Covid-19.

“Kami akan kawal dari awal sampai akhir investasi untuk baterai sel ini,” kata dia.

Sementara itu, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Taesung memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Menteri Investasi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas terwujudnya kerja sama ini. Kerja sama investasi mobil listrik dan baterai ini akan menjadi kontributor yang secara inovatif menjalankan perekonomian yang lebih berorientasi pada lingkungan, teknologi, dan ekspor.

“Saya sebagai Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia akan menggerakkan segala dukungan agar kerja sama ini menjadi salah satu kerja sama yang sukses dan terbaik antara Korea dan Indonesia,” ungkapnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post