Diduga Terlibat dengan ISIS, 2 Warga Malaysia Ditangkap Taliban

LIMAPAGI - Malaysia mencari bantuan dari badan keamanan asing untuk mengkonfirmasi laporan bahwa dua warga negaranya ditangkap Taliban di Afghanistan.

Pejabat tinggi polisi di negara itu mengatakan, dua warga malaysia itu ditangkap Taliban atas dugaan keterlibatan dengan ISIS.

Baca Juga: Afghanistan di Bawah Taliban, PBB Sebut 18 Juta Warga Butuh Bantuan Makanan

Inspektur Jenderal Polisi Acryl Sani Abdullah Sani mengatakan, pihaknya tidak memiliki informasi mengenai keterlibatan warga Malaysia dalam kelompok militan di Afghanistan.

"Kepolisian Kerajaan Malaysia telah meminta badan keamanan di luar negeri untuk mengkonfirmasi laporan serta tuduhan itu," katanya dalam sebuah pernyataan dilansir dari Channel News Asia, Minggu, 29 Agustus 2021.

"Investigasi juga sedang dilakukan untuk mengetahui apakah laporan tersebut melibatkan pejuang negara Islam Malaysia yang sudah berada di luar negeri," sambungnya.

Pada Sabtu kemarin, The Times Inggris melaporkan penangkapan enam anggota ISIS, termasuk dua warga Malaysia berdasarkan informasi dari seorang pejabat Taliban.

Beberapa dekade terakhir, lusinan warga Malaysia telah meninggalkan negara mereka untuk berperang dengan negara Islam di Suriah dan negara-negara lain. Beberapa dari mereka telah diizinkan kembali ke Malaysia, tetapi harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan pihak berwenang.

Baca Juga: AS Serang Balik ISIS di Afghanistan usai Bom Meledak di Bandara Kabul

Sebelumnya, pada Kamis, 27 Agustus 2021, dua ledakan yang diduga bom bunuh diri terjadi di Bandara Kabul, Afghanistan. Bom yang diklaim dilakukan negara Islam di Provinsi Khorasan, ISKP (ISIS-K) itu, menewaskan 175 orang termasuk 13 anggota militer AS.

Militer AS pada Sabtu kemarin mengatakan, telah membunuh dua anggota kelompok itu menggunakan pesawat tak berawak atau drone.

Axel Joshua Halomoan Raja Harianja
Axel Joshua Halomoan Raja Harianja

Axel joined Limapagi.id since March 2021. Axel has duties as a reporter and assistant editor.

At Limapagi.id, Axel focuses on handling national issues, especially law issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.