Heboh Peneliti Klaim Temukan Deltacron, Varian Baru Covid-19?

LIMAPAGI - Berbagai varian baru Covid-19 diklaim bermunculan. Setelah sebelumnya sempat ramai dengan istilah Florona (Influenza dan Corona), kini muncul baru Deltacron.

Peneliti dari Siprus mengklaim temuan adanya varian baru gabungan Delta dan Omicron, dua jenis varian yang pernah dan tengah mendominasi kasus Corona di dunia.

Baca Juga: Ada Suspek Omicron, RT di Krukut Jakbar Lockdown

Melansir dari NDTV, menurut Profesor Ilmu Biologi di Universitas Siprus dan Kepala Laboratorium Bioteknologi dan Virologi Molekuler Leondios Kostrikis, bahwa telah ditemukan varian gabungan tersebut yakni Deltacron di Siprus.

"Saat ini ada koinfeksi Omicron dan Delta, dan kami menemukan jenis ini yang merupakan kombinasi dari keduanya," kata Kostrikis dalam sebuah wawancara dengan Sigma TV, yang dilansir dari NDTV, Senin, 10 Januari 2022.

“Penemuan itu dinamai "Deltacron" karena identifikasi tanda-tanda genetik mirip Omicron dalam genom delta,” ujarnya menambahkan.

Sejauh ini, Kostrikis dan timnya telah menemukan 25 kasus Deltacron. 25 kasus tersebut sudah dikirim ke GISAID, database internasional yang melacak perubahan virus.

Baca Juga: Omicron di Indonesia Terus Bertambah, Kemenkes Ingatkan Jangan Seperti India

Sampai saat ini, belum diketahui dengan pasti apakah Deltacron lebih menular atau tidak. Namun menurut pandangan Kostrikis, Deltacron tidak akan bertahan melawan varian Omicron yang kini mendominasi secara global.

“Kita akan melihat di masa depan apakah strain ini lebih patologis atau lebih menular atau apakah akan menang melawan Delta dan Omicron,” pungkasnya.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food.

KABAR LAINNYA