Anies Percepat Sirkulasi Tabung Oksigen untuk Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari berbagai kedinasan Ibu Kota, untuk mempercepat peredaran tabung oksigen bagi pengidap Covid-19.

Dinas Bina Marga dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta merupakan dua dari sekian SKPD yang dikerahkan. Mereka kompak berkolaborasi membantu distribusi ratusan tabung oksigen dari produsen ke sejumlah rumah sakit maupun sebaliknya di DKI.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, mengatakan telah mengerahkan empat dump truk. Mereka membantu pengangkutan tabung oksigen dari pabrik produsen di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Duren Sawit, RSUD Budhi Asih, RSUD Jati Padang, RSUD Cempaka Putih dan RSUD Kramat Jati.

"Ada 24 personel yang kami kerahkan. Mereka terbagi dalam dua sif siang dan malam, dengan masing-masing sif sebanyak 12 personel," ujarnya di Jakarta, Selasa, 29 Juni 2021.

Pada 27 Juni 2021, Hari mengaku pihaknya mengangkut 50 tabung oksigen berukuran 6 m3. Sehari berselang, sebanyak 50 tabung berukuran 6 m3 didistribusikan.

"Untuk hari ini kami sudah mendistribusikan 120 tabung oksigen ukuran 6 m3 dan 37 tabung berukuran 1 m3. Kemudian, proses sebanyak 100 tabung ke RSUD Kramat Jati," terangnya

Kendaraan pengangkut dari Dinas Bina Marga juga bersiaga di rumah sakit. Ketika ada tabung kosong, bisa segera diangkut untuk diisi kembali agar kemudian diantar lagi ke rumah sakit.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup DKI mengerahkan lima unit mobil boks untuk mobilisasi tabung oksigen. Sebanyak 93 tabung oksigen sudah didistribusikan dari produsen ke rumah sakit-rumah sakit sejak Minggu hingga Senin, 28 Juni 2021.

Syaripudin menjelaskan, tiap unit mobil boks secara kapasitas dapat mengangkut maksimal 100 tabung oksigen per unitnya. Armada dipastikan prima dan siaga 24 jam.

"Ketika ada kebutuhan pengangkutan tabung oksigen dari Dinas Kesehatan kami akan merespons cepat," tandasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post