Wakil Ketua DPR: Kabar Gembira, Kimia Farma Produksi Obat Antvirus Favipiravir

LIMAPAGI - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan PT Kimia Farma (Tbk) telah memproduksi obat antivirus Favipiravir untuk pasien Covid-19.

Dengan kapasitas dua juta tablet per hari, kata dia Favipiravir bisa menjadi alternatif pengganti obat anti virus Antigan, untuk memenuhi kebutuhan pasien Covid-19.

"InsyaAllah dengan Kimia Farma dan beberapa pabrik lainnya, kebutuhan obat antivirus akan segera terpenuhi dengan harga yang relatif terjangkau," ujar Dasco dalam keterangan video, Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Pro Kontra Fasilitas Isoman Anggota DPR di Hotel Bintang 3

Selain Favipiravir, Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPR ini mengatakan obat antivirus lain, yakni Molnupiravir rencananya akan uji klinis tahap tiga. 

Setelah rampung, obat tersebut bisa diproduksi dan jadi obat alternatif terapi Covid-19 lainnya.

"Kalau ada yang Covid dikasih minum itu (Molnupiravir) tidak dicampur-campur dengan yang lain lain. InsyaAllah baikan," katanya.

Baca Juga: Ketua Komisi VIII DPR Minta Fasilitas Isolasi Mandiri di Hotel Dibatalkan

Dengan memproduksi berbagai jenis obat antivirus, ia  mengapresiasi langkah cepat Kimia Farma. Sebab, selama ini stok obat untuk terapi pasien Covid-19 mengalami kelangkaan karena lonjakan kasus.

"Nah, ini merupakan kabar gembira buat dunia kesehatan kita, terutama buat rakyat Indonesia," tuturnya.

Dasco mengunjugi Kimia Farma di Bandung, Kamis, 29 Juli 2021 dan bertemu Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo.

Kunjungan tersebut didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade, Anggota Komisi III DPR Sari Yuliati, dan Anggota Komisi IV DPR Charles Meikyansyah.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post