Usai Kasus Kecelakaan Vanessa Angle, Pemerintah Diminta Lakukan Hal Ini

LIMAPAGI - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno menyoroti insiden kecelakaan yang menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah.

Menurut Djoko pemerintah seharusnya mengaktifkan kembali Direktorat Keselamatan Transportasi Darat yang telah dihapus oleh Kementerian Perhubungan sejak dua tahun lalu.

"Peniadaan Direktorat tersebut berdampak pada minimnya program dan anggaran untuk keselamatan di sektor transportasi darat," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Limapagi, Jumat, 5 November 2021.

Djoko mengatakan penghapusan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat menjadi sinyal bahwa pemerintah masih kurang serius mengurusi keselamatan transportasi.

Baca Juga: Ini Sosok Tubagus Joddy, Sopir yang Sebabkan Vanessa Angel dan Bibi Meninggal

Padahal, kata Djoko, urusan keselamatan transportasi darat belum menunjukkan keberhasilan yang berarti dalam hal menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

"Tingkat fatalitas masih cukup tinggi. Kesadaran masyarakat akan keselamatan lalu lintas juga masih rendah. Jika meninggal akibat kecelakaan lalu lintas dianggap takdir," ujarnya.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata ini menyebut, angka kecelakaan lalu lintas tidak pernah turun. Namun, institusi yang fokus mengurusi keselamatan justru dihilangkan.

"Tinggal tunggu waktu kapan arisan nyawa melayang akan terjadi terus menerus di jalan raya," tegas Djoko.

Baca Juga: Polisi Ungkap Hasil Autopsi Vanessa Angel: Benturan di Dada, Kepala, dan Leher

Diketahui, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat pernah ada di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Ada restrukturisasi organisasi di Kementerian Perhubungan, menyebabkan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat dihilangkan.

KABAR LAINNYA