Korea Selatan Perpanjang Larangan Kunjungan ke-6 Negara Ini, Indonesia Termasuk?

LIMAPAGI - Di tengah melonjaknya varian Omicron di seluruh dunia, beberapa negara menutup pintu atau melarang warganya mengunjungi negara tertentu.

Korea Selatan juga menjadi negara yang memberlakukan larangan bepergian warganya ke beberapa negara. Namun, larangan tersebut bukanlah dikarenakan Omicron – varian baru Covid-19. Melainkan, menyusul adanya risiko keamanan yang berkepanjangan.

Baca Juga: Korea Selatan Perketat Aturan Covid-19 Cegah BOR Pasien Omicron Naik

Melansir dari Yonhap, Senin, 10 Januari 2022, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan melarang warganya mengunjungi enam negara di Timur Tengah dan Benua Afrika, serta satu di kawasan Asia Tenggara.

Daftar negara tersebut adalah Irak, Suriah, Yaman, Libya, Somalia, serta Afghanistan untuk Timur Tengah dan Benua Afrika.

Lalu, ada satu negara di Asia Tenggara yakni Filipina. Namun, larangan ke Filipina hanya berlaku di beberapa daerah, yakni wilayah selatan kepulauan Filipina seperti Semenanjung Zamboanga, Sulu, Basilan dan Tawi-Tawi.

Masuknya daftar negara dan daerah tersebut dikarenakan tingginya risiko serangan teroris dan ketidakstabilan politik.

Baca Juga: Presiden Korea Selatan Berencana Larang Warganya Makan Daging Anjing

Oleh karena itu, pemerintah Korea Selatan memperpanjang larangan bepergian ke negara-negara tersebut hingga enam bulan ke depan, dari tanggal 31 Januari 2022 yang harusnya telah berakhir.

Untuk diketahui, pemerintah Korea Selatan telah melarang warganya ke Irak, Suriah, Somalia, dan Afghanistan sejak tahun 2007. Lalu, larangan ke Yaman tahun 2011, Libya tahun 2014, dan pulau-pulau di Filipina tahun 2015.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food.

KABAR LAINNYA