Menparekraf Menyediakan Akomodasi untuk OTG dan Nakes, Berikut Daftar Hotelnya!

LIMAPAGI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan komitmen untuk melanjutkan program reaktivitas industri perhotelan sebagai lokasi akomodasi bagi tenaga kesehatan serta lokasi isolasi pasien konfirmasi tanpa gejala (OTG).

Melansir dari situs resmi Kemenparekraf, tahun lalu Kemenparekraf menyediakan total 19 hotel dengan 2.567 kamar yang terdiri dari 1.699 kamar untuk tenaga kesehatan dan 868 kamar untuk isolasi mandiri pasien konfirmasi tanpa gejala. 

Tahun ini, Kemenparekraf akan melanjutkan dukungan akomodasi untuk tenaga kerja dan Orang Tanpa Gejala (OTG). 

“Jadi, dimulai tahun lalu, dan tahun ini akan kita lakukan program pendukungan akomodasi yang rencananya akan kita gelar kembali sampai akhir tahun,” kata Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Press Briefing yang dilaksanakan secara online, Senin, 28 Juni 2021

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menyebutkan sejumlah hotel yang telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit, khususnya di DKI Jakarta dan Bali. Mulai dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) bekerja sama dengan Hotel Mercure Cikini.

Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo bekerja sama dengan Hotel Ibis Budget Jakarta Cikini, Rumah Sakit Sulianti Saroso dan RS Harapan Kita bekerja sama dengan Hotel Ibis Gajah Mada, Hotel Ibis Jakarta Sunter, Hotel Ibis Simatupang, dan Hotel Dafam Thamrin.

Selanjutnya, ada Rumah Sakit PON Dr. dr. Mahar Mardjono dan RSUD Budhi Asih bekerja sama dengan Best Western Premier The Hive.

Sementara untuk wilayah Bali ada Rumah Sakit Mandara Bekerja sama dengan Hotel Mercure di Sanur, RSUP Sanglah berkerja sama dengan Hotel Ibis Style Bali Denpasar, dan RS Udayana bekerja sama dengan Paragon Hotel.

Untuk program pendukungan akomodasi ini, Kemenparekraf menggunakan dana pemulihan ekonomi internal yang asalnya dari anggaran dari Deputi Bidang Pemasaran serta Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur. Total anggaran mencapai Rp60 miliar rupiah. 

Sandiaga mengharapkan agar progam ini bisa membantu masyarakat khususnya yang terkena Covid karena mengingat kondisi rumah sakit sekarang yang mengalami kelebihan beban.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post