Ingin Vaksinasi Covid-19 Anak di Sekolah, Bandung Tunggu Stok Sinovac

LIMAPAGI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap menggelar vaksinasi Covid-19 khusus anak usia 12-17 tahun di lingkungan sekolah. Namun, rencana itu bisa terealisasi apabila stok vaksinnya tersedia.

"Vaksinasi terus kita genjot untuk 12-17 tahun, sekarang sedang berjalan di mana (anak itu) tinggal," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna dalam keterangan tertulisnya, Selasa 31 Agustus 2021.

Ema mengaku sedang mengajukan ketersediaan stok vaskin Sinovac untuk rencana vaksinasi Covid-19 khusus anak di Kota Bandung. Permintaan telah diluncurkan kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kita perjuangkan kalau permohonan vaksin direspons provinsi dan Kemenkes kita ingin menyelenggarakan secara serentak vaksinasi di seluruh sekolah terutama siswa usia yang sudah boleh divaksin," sambungnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Vaksinasi Covid-19 di Jabar Lambat karena Suplai Minim

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanegara menegaskan ketersediaan vaksin Sinovac saat ini diprioritaskan untuk vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

"Kita harus mengatur manajemen vaksin, nggak boleh orang disuntik (dosis satu), nggak ada dosis duanya. Jadi kalau untuk yang di wilayah (vaksin anak-anak) sudah mulai karena itu Sinovac ada, karena pelan-pelan tidak massal," ucapnya.

Sebab itu, kata Ahyani, apabila Dinkes Bandung memiliki stok vaksin Sinovac akan digunakan untuk vaksinasi dosis kedua siswa yang pelaksanaanya sama ketika penyuntikkan dosis pertama yaitu di sekolah-sekolah.

"Kalau nanti sudah datang kiriman Sinovac, baru kita akan perhitungkan meminta khusus untuk siswa didik bukan remaja. Pak Sekda meminta kalau bisa siswa didik, artinya yang sekolah di Kota Bandung kita tangani. Kita minta saja vaksinnya jadi kita akan meminta khusus," urainya.

Berdasarkan data Dinkes Kota Bandung, sampai saat ini jumlah anak-anak yang telah divaksin Covid-19 dosis pertama tercatat 38.361 orang atau 16,11 persen. Sementara untuk dosis kedua telah diterima 18.470 orang atau 7,76 persen. Jumlah total sasaran vaksinasi untuk anak-anak di Bandung mencapai 238.139 orang.  

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.