5 Makanan yang Diklaim Ampuh Cegah Rambut Beruban

LIMAPAGI - Rambut mengalami siklus alami yakni kematian kemudian regenerasi. Seiring bertambahnya usia, rambut seseorang akan berubah warna, dari hitam alami menjadi abu-abu atau putih, yang sering disebut dengan uban.

Tidak ada patokan pasti kapan rambut seseorang berubah menjadi putih karena semua tergantung pada gen masing-masing. Namun biasanya, seseorang yang telah berusia di atas 30 tahun, folikel rambut akan “menua” dengan sendirinya dan memunculkan uban.

Ada beragam respons berbeda dari orang yang telah beruban. Ada yang menganggapnya santai karena merasa sebagai tanda dari kedewasaan dan kebijaksaan, tetapi tak sedikit yang merasa malu karena sudah tak muda lagi.

Baca Juga: Anang Hermansyah Transplantasi Rambut, Ini Tingkat Keberhasilan dan Risikonya!

Buat kamu yang khawatir dengan munculnya uban, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan warna rambut asli lebih lama, sekalipun usia sudah tak muda lagi.

Berikut lima makanan yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mencegah rambut beruban lebih cepat, seperti yang dilansir dari Cookinglight, Jumat, 7 Januari 2022.

1. Jeruk mandarin

Jeruk mandarin atau jeruk keprok memiliki banyak manfaat, selain rasanya yang memang manis. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk mandarin ternyata memiliki manfaat tak hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga rambut.

“Jeruk mandarin adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang sangat penting dalam pengembangan protein kolagen, jaringan ikat yang membentuk sebagian besar tubuh, termasuk rambut,” kata Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN.

2. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti kimchi, tempe, acar, merupakan jenis makanan yang kaya probiotik. Probiotik ini sangat baik untuk kesehatan usus. Lalu apa hubungannya usus dengan rambut? Kelly Jones mengatakan bahwa usus yang sehat memiliki peran penting untuk kesehatan rambut.

Pasalnya, bakteri usus akan menghasilkan vitamim B yakni biotin. Seseorang yang kekurangan biotin menyebabkan perubahan warna dan kekuatan rambut seperti rambut rapuh, menipis, dan beruban. Untuk itu, makan makanan fermentasi dapat menghasilkan biotin yang baik untuk membuat warna hitam alami rambut bertahan lebih lama.

3. Ikan salmon

Salmon dapat memberikan vitamin D yang baik untuk pigmentasi rambut. Buat kamu yang kekurangan viramin D dan sudah beruban, maka suplemen D-3 dari ikan salmon akan sangat membantu.

Kelly Jones juga mengatakan bahwa ikan salmon dapat memberikan banyak nutrisi untuk mendukung kesehatan rambut dan kulit. Lantaran, tak hanya vitamin D, ikan salmon juga kaya akan omega 3 dan protein yang baik untuk rambut.

Baca Juga: Beda Banget, Ini Gaya Rambut Terbaru Gigi Hadid usai Putus dengan Zayn Malik

4. Telur

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan mereka yang beruban cenderung memiliki status vitamin B-12 yang rendah. Telur merupakan makanan yang kaya akan vitamin B-12. Jadi, makan telur dapat menjadi penolong untuk mencegah rambut beruban lebih cepat.

5. Dark chocolate

Penuaan menyebabkan seseorang kekurangan melanin. Padahal, melanin adalah zat gizi yang baik untuk sumber warna rambut. Untuk cegah perubahan warna rambut, kamu bisa konsumsi dark chocolate yang terkenal kaya akan melanin.

Dark chocolateadalah sumber zat besi dan tembaga yang baik, dua gizi penting untuk pembentukan melanin.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food.

KABAR LAINNYA