Sri Mulyani: Ekonomi Syariah Bisa Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

LIMAPAGI - Ekonomi dan keuangan syariah dinilai memiliki peran yang semakin penting di dalam perekonomian nasional. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"Dalam rangka memulihkan ekonomi nasional, ekonomi syariah dapat menjadi salah satu pilar utama penopang pemulihan ekonomi," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati &dalam Launching Buku Panduan Magang dan Buku Teks Ekonomi Syariah, Selasa, 29 Juni 2021.

Menurut dia, tidak hanya untuk mempercepat proses pemulihan, namun juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkeadilan dan sesuai dengan prinsip berkelanjutan atau sistem reproduksi.

Nilai-nilai dari ekonomi syariah, menurut Bendahara Negara ini, dapat mendorong ekonomi nasional yang adil dan merata di seluruh aspek. Terutama mencakup sektor pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan ekonomi yang inklusif, serta dengan tujuan yang sesuai dengan mahasit syariah.

"Mekanisme redistribusi syariah merupakan suatu sistem jaring pengaman sosial," ujar dia.

Dia melihat potensi ekonomi syariah sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru. Pemerintah memiliki komitmen yang besar untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Dia meyakini dengan potensi pasar keuangan syariah yang sangat besar, seharusnya Indonesia dapat menjadi penggerak utama perekonomian syariah.

"Tidak hanya menjadi target market dan produk industri yang halal dari negara-negara lain," ucapnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post