Sebelum Suntik Dosis ke-3, Cek Efek Samping Booster Vaksin Pfizer dan Moderna

LIMAPAGI - Pemerintah Indonesia tengah mencanangkan program booster Covid-19 yang akan dilakukan pada 12 Januari 2022 mendatang. Sebelum melakukan suntikan dosis ketiga, kamu perlu cek efek samping seperti apa yang bakal kamu rasakan setelah mendapatkan booster.

Dari sekian banyak jenis vaksin, Pfizer dan Moderna telah melakukan pengujian terkait efek samping dosis ketiga atau booster dari vaksin mereka.

Baca Juga: Ini Kriteria Penerima Vaksin Booster di Indonesia

Melansir dari Medical Daily, hasil uji menunjukkan efek samping booster dari Pfizer dan Moderna tidaklah berat.

“Efek samping yang paling umum yakni rasa sakit di tempat suntikan, dialami sekitar 83 persen peserta,” tulis pihak Pfizer yang dikutip dari Medical Daily, Jumat, 7 Januari 2022.

Selain rasa sakit pada area suntikan, efek samping lain yang dirasakan adalah kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, nyeri sendi, diare, muntah, dan demam.

Sama seperti Pfizer, hasil uji coba Moderna juga menunjukan bahwa efek samping dari booster vaksinnya cukup ringan. Efek samping tersebut adalah rasa sakit di tempat suntikan, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, nyeri sendiri, menggigil, demam, dan mual.

Baca Juga: Kemenkes soal Vaksin Booster Berbayar: Belum Ada Biaya Resmi yang Ditetapkan

Hasil uji coba ini senada dengan pernyataan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). CDC menyatakan bahwa efek samping vaksin mRNA Covid-19 biasanya ringan hingga sedang.

Beberapa dari vaksin dapat memengaruhi kemampuan individu untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi ada efek samping yang akan hilang dalam beberapa hari.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food.

KABAR LAINNYA