PPKM Level Lanjut, Ini Aturan untuk Supermarket-Pasar di Jawa dan Bali

LIMAPAGI - Presiden Joko Widodo memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Pulau Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali. Perpanjangan ini berlaku hingga 6 September 2021.

Selama pemberlakuan ini ada beberapa penyesuaian aturan, salah satunya soal durasi operasional supermarket, pasar tradisional hingga toko kelontong.

Baca Juga: PPKM Lanjut hingga 6 September, Ini Progres Penyaluran Bansos

Aturan itu terdapat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

"Untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50% (lima puluh persen)," tulis Mendagri Muhammad Tito Karnavian dikutip Limapagi dari Inmendagri, Selasa 31 Agustus 2021.

Dalam Inmendagri sebelumnya, Tito hanya mengizinkan supermarket, pasar tradisional hingga toko kelontong hanya boleh buka sampai pukul 20.00 waktu setempat.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang hingga 6 September 2021, Wilayah Level 3 Bertambah

Selain soal jam operasional, Tito juga menyebut soal penyesuaian soal kapasitas pengunjung. Dalam Inmendagri Nomor 38 Tahun 2021 jumlah pengunjung supermarket hingga pasar tradisional maksimal 75 persen.

"Dengan kapasitas pengunjung 75% (tujuh puluh lima persen)," begitu bunyi di Inmendgari 38/2021.

Selain supermarket hingga pasar tradisional, jam operasional untuk pasar rakyat yang menjual kebutuhan non-esensial juga ditambah hingga 50 persen. Sementara jam operasional hingga pukul 21.00 waktu setempat.

Muhammad Fadli Rizal
Muhammad Fadli Rizal

Reporter at Limapagi.id

He has been a journalist since 2017.

Rizal was a part of two media, Kumparan and Validnews. He also had been a student in Soedirman University, taking International Relationship program.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.