CARRO Perkuat Layanan Pelanggan Lewat Fitur Suara Berbasis AI Talkbot

LIMAPAGI - Semakin berkembangnya teknologi sangat membantu dunia otomotif. Salah satunya CARRO Indonesia yang merupakan platform jual beli mobil, memperkuat sistem layanan pelanggan yaitu Talkbot, sebuah fitur kecerdasan artifisial berbasis suara.

Bekerja sama dengan WIZ.AI yang merupakan pengembang sistem Voice AI (Voicebot) bagi bisnis, CARRO mengembangkan sistem hiper personalisasi untuk mendukung interaksinya dengan pelanggan yang berniat menjual atau membeli kendaraan.

Baca Juga: Deretan Kendaraan Roda Dua yang Meluncur di 2022

Fitur ini resmi diluncurkan sejak Desember 2020 dengan Indonesia sebagai pasar pertamanya, sebelum memasuki negara tetangga Asia Tenggara lainnya.
TalkBot tak hanya bot yang bisa menjawab pelanggan, namun juga bisa mendengar, memahami, dan berbicara dalam beberapa bahasa yang ada di Asia Tenggara dengan aksen lokal.

Sehingga mampu dan dapat menyesuaikan dengan pertanyaan pelanggan dengan nada dan ekspresi percakapan pada umumnya.

“Sektor otomotif Asia Tenggara tengah berada di pusat revolusi digital. Pandemi COVID-19 ternyata mampu mempercepat penerapan teknologi digital di industri otomotif dan CARRO secara konstan menyesuaikan diri untuk dapat berinteraksi secara lebih baik dengan pelanggan dengan berbagai cara,” ujar Aditya Lemana, Co-Founder CARRO, dari keterangan resmi yang diterima Limapagi.id, Jumat, 7 Januari 2022.

Sejak diluncurkan pada Desember lalu, fitur Voicebot berbasis AI mampu melayani lebih dari 95 persen percakapan dengan pelanggan melalui telepon. Bahkan, penggunaan teknologi Talkbot AI meningkatkan kapasitas call center CARRO untuk memproses panggilan hingga lebih dari 400 persen tanpa penambahan SDM.

Tidak hanya menerima panggilan, TalkBot juga dapat melakukan percakapan hingga panggilan berakhir. Adanya kemampuan TalkBot ini membantu menambahkan volume potensi transaksi dan dengan demikian membantu CARRO menjadi platform jual beli mobil yang mudah diakses oleh konsumen di Indonesia.

Baca Juga: 3 Penyebab Getaran pada Roda Kendaraan

“Suara merupakan bagian dari masa depan teknologi AI bagi interaksi dengan pelanggan dalam ranah layanan pelanggan. Kerjasama WIZ.AI dengan CARRO dalam mengembangkan teknologi ini turut memungkinkan kami untuk terus bertumbuh dan merambah industri baru, yaitu otomotif, sehingga mampu mendigitalisasi industri ini agar lebih banyak menjangkau pelanggan di Asia Tenggara,” ujar Jennifer Zhang, CEO dan Founder WIZ.AI.

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA