Cara Lain Cegah Penularan Omicron, Rajin Cuci Rongga Hidung

LIMAPAGI - Varian Omicron merupakan varian baru Covid-19 yang diklaim lebih menular dibanding varian sebelumnya. Sebab itu, varian baru ini kini telah menjadi pusat perhatian banyak negara. Lantaran, jumlah kasus positif di tiap negara saat ini dikuasai oleh Omicron, termasuk Indonesia.

Untuk mencegah semakin bertambahnya kasus, para ahli telah mengingatkan kembali untuk mulai menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari mengenakan masker medis bukan masker kain, menerima vaksin booster, hingga rajin mencuci rongga hidung menggunakan nose sanitizer.

Baca Juga: Kemenkes Imbau Masyarakat Bersiap Hadapi Gelombang Ketiga Varian Omicron

Mencuci rongga hidung menjadi penting karena menurut ahli kesehatan, virus menyebar di udara dan bisa masuk ke badan seseorang melalui hidung, mulut, dan mata. Namun, terutama hidung karena merupakan salah satu utama pernapasan manusia.

Varian Omicron bisa mudah menular karena orang yang sudah terinfeksi dapat menyemburkan jutaan virus atau yang disebut viral load dari rongga hidung dan tenggorokan (larynx pharynx) dan dapat menyemburkan sejauh hingga dua meter.

Oleh sebab itu, mencuci hidung dengan nose sanitizer dinilai menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan.

“Untuk itu cara menghindari virus ini harus dilakukan dengan tepat. Selain 3M yang kita kenal, nose sanitizer atau pencuci rongga hidung dibutuhkan untuk menjadi pelindung saluran pernapasan sehingga menjadi 4M,” kata Dr. Achmad Sujudi, yang dikutip dari Antara, Kamis, 13 Januari 2022.

Baca Juga: Langkah-langkah Mencuci Hidung dengan NaCl

Menurut Dr. Achmad Sujudi mencuci rongga hidung menggunakan nose sanitizer dapat mematikan jutaan virus yang berpotensi menginfeksi orang lain jika disemburkan. Untuk diketahui, nose sanitizer sendiri memang telah diteliti di luar negeri dan diklaim mampu membunuh virus Covid-19.

“4M sangat penting, selain mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama minimal 20 detik dengan benar. Kedua, memakai masker. Ketiga menjaga jarak minimal 2 meter. Satu lagi yang sangat penting, membersihkan rongga hidung menggunakan nose sanitizer untuk mematikan jutaan virus yang ada di sana yang berpotensi menginfeksi orang lain karena disemburkan dan menginfeksi diri sendiri,” pungkasnya.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food.

KABAR LAINNYA