Vaksinasi Booster Dimulai Besok, Jokowi: Gratis bagi Masyarakat Indonesia

LIMAPAGI - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster akan dimulai pada Rabu, 12 Januari 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masyarakat tak perlu membayar untuk menerima vaksin tersebut.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi saya tegaskan, bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," kata Jokowi dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Januari 2022.

Baca Juga: Cek, Ini Efek Samping dari 5 Vaksin yang Disetujui BPOM Jadi Booster

Jokowi menyampaikan, vaksinasi booster itu akan diprioritaskan bagi lansia dan kelompok rentan. Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun sudah divaksinasi.

"Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah, calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya," ujar mantan wali kota Solo ini.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi Covid-19 booster akan digelar pada Rabu, 12 Januari 2021.

"Ini diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi WHO," ungkap Budi dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Januari 2022.

Budi menyampaikan, vaksin booster ini akan diberikan ke kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria 70 persen suntikan vaksin dosis pertama dan 60 persen suntikan kedua.

"Jadi sampai sekarang, ada 244 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Resmi Dapat Izin Darurat dari BPOM, Ini 5 Jenis Vaksin Covid-19 untuk Booster

Budi menuturkan, vaksin booster juga akan diberikan dengan jangka waktu di atas 6 bulan sesudah dosis kedua.

"Kita identifikasi ada sekitar 21 juta sasaran di bulan Januari yang sudah masuk ke kategori ini," tuturnya.

KABAR LAINNYA