PHRI DIY Sediakan 230 Kamar Hotel di Yogyakarta untuk Isolasi Mandiri

LIMAPAGI - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan sebanyak tiga hotel siap dijadikan rawat inap pasien positif terpapar corona berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan membawa surat keterangan dokter. Total ada 230 kamar yang tersedia.

Deddy mengatakan, hotel yang menjadi selter penderita OTG ini merupakan wujud kepedulian PHRI DIY kepada pemerintah daerah. "Kami sangat konsentrasi dengan pentingnya kesehatan. Agar nantinya perekonomian bisa berjalan dengan beriringan,” ujarnya.

Dia mengatakan, setiap pasien OTG yang menginap di hotel diberikan paket isolasi mandiri selama 14 hari. “Untuk harga tergantung dari pihak manajemen masing-masing. Hingga hari ini sudah terisi 40 persen pasien menginap dengan status OTG,” katanya.

Dalam mendukung protokol kesehatan, PHRI DIY juga menggelar inspeksi mendadak atau sidak di sejumlah hotel. Sidak ini akan dilakukan sampai batas yang tidak bisa ditentukan.

“Untuk harga tergantung dari pihak manajemen masing-masing. Hingga hari ini sudah terisi 40 persen pasien menginap dengan status OTG”

Pihaknya konsen bahwa protokol kesehatan harus dilaksanakan di hotel dan restoran. PHRI juga siap membantu pemerintah daerah untuk memantau sidak-sidak seperti ini, untuk menekan lonjakan Covid-19 di DIY. Seperti sidak yang digelar pada Senin, 28 Juni 2021 di dua hotel yakni Hotel Dafam Malioboro dan Hotel @Home Premiere Yogyakarta.

Deddy mengungkapan, sanksi akan diberikan jika pihak hotel atau resto tidak memenuhi standar protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. “Jika tidak sesuai protkes akan kami lakukan pembinaan dan memberikan surat teguran sampai ke tiga kali kami akan merekomendasikan untuk pemerintah daerah menutup hotel dan restoran yang tidak memenuhi protkes,” jelasnya.

General Manager Hotel @Home Premier, Irene Indri Astuti mengatakan, pihak hotel memiliki general management quality assurance guna mengontrol protokol kesehatan di dalam hotel. “Kebiasaan mematuhi protokol kesehatan ini menjadi gaya hidup atau style kami di seluruh horizon. Tim selalu mengontrol atau mengingatkan dan memonitoring karyawan dalam menerapkan protkes sesuai anjuran pemerintah,” ungkapannya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post