Simak, Ini Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Tutup Sementara karena Pandemi

LIMAPAGI - Beberapa kota di Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19. Provinsi Jawa Tengah menjadi lima besar daerah dengan kasus harian positif Covid tertinggi di Indonesia. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengikuti arahan pemerintah pusat untuk memberlakukan Pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Itu berarti, wilayah di Jawa Tengah yang berzona merah wajib menutup tempat wisatanya.

Berdasarkan data peta risiko yang ditampilkan di laman Satgas Covid-19, Selasa, 29 Juni 2021, Jawa Tengah memiliki delapan kota/kabupaten yang masuk zona merah yakni Wonogiri, Kudus, Kota Semarang, Pati, Kendal, Tegal, Semarang, dan Jepara.

Alhasil, tempat wisata di daerah tersebut harus tutup sementara sampai kondisi Covid-19 melandai. Berikut tempat wisata di Jawa Tengah yang tutup akibat masuk dalam kategori zona merah Covid-19.

Kitagawa Pesona Bali

Wonogiri memiliki banyak tempat wisata menakjubkan. Namun, terpaksa harus ditutup karena masuk dalam wilayah zona merah. Kitagawa Pesona Bali, tempat wisata ala Bali yang hadir di Wonogiri, mengumumkan penutupan sementaranya lewat media sosial Instagram.

“UNTUK INFORMASI! Kita tutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Terima kasih atas perhatiannya,” tulisnya dalam media sosial.

Selain Kitagawa Peson Bali, tempat wisata lain di Wonogiri yang mengumumkan penutupan sementara adalah Museum Sewu Rai dan kolam renang Soko Langit. 

Candi Borobudur

(Instagram/@borobudurpark) Candi Borobudur tutup

Jika kemarin Candi Borobudur masih menyatakan buka dengan sistem zonasi, maka hari ini dinyatakan tutup sementara. Candi Borobudur tutup dari tanggal 29 Juni 2021 sampai dengan perbaikan status pada risiko pandemi Covid-19.

Keputusan ini diambil berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang No. 440.1/1926/01.01/2021 tanggal 28 Juni 2021 tentang pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke (ingat dan saling mengingatkan) serta Surat Edaran Kepala Disparpora Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo yang merupakan tempat wisata favorit masyarakat Kabupaten Semarang harus tutup sementara. Melansir dari laman resmi Kabupaten Semarang Tourism, Candi Gedong Songo tutup berdasarkan instruksi Bupati Semarang Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro untuk pengendalian penyebaran virus Covid-19.

Ada juga Dusun semilir Bawen, Umbul Sidomukti, dan Taman Bunga Celosia Bandungan yang mengumumkan tutup sementara mulai tanggal 26 Juni 2021 sampai pemberitahuan lebih lanjut. 

Semarang Zoo

(Instagram/@smarangzooofficial) Semarang Zoo tutup

Kota Semarang juga memutuskan melakukan penutupan sejumlah objek wisata. Salah satu objek wisata di Kota Semarang yang tutup adalah Semarang Zoo atau yang bisa dikenal Kebun Binatang Mangkang. Sudah lebih dulu, Semarang Zoo ini tutup sejak tanggal 22 Juni dan belum buka sampai hari ini. Untuk pembukaannya kembali akan menunggu keputusan dari Pemerintah Kota Semarang.

Umbul Manten dan Umbul Ponggok

Dua tempat wisata terkenal di Kabupaten Klaten yakni Umbul Manten dan Umbul Ponggok juga mengumumkan penutupannya.

“Menindaklanjuti Surat Edaran dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Klaten No. 443.5/418/13 perihal Percepatan Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten, maka BUMDes Tirta Mandiri dan pengelola Umbul Ponggok menutup sementara objek wisata sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” tulisnya dalam keterangan resmi.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post