331,6 Juta Dosis Vaksin Bakal Didatangkan ke Indonesia sampai Akhir Tahun

LIMAPAGI - Presiden Joko Widodo menyebut  hingga bulan Desember 2021 pemerintah telah mendapatkan sebanyak 331.675.000 dosis vaksin Covid-19. 

Baca Juga: Sri Mulyani Buka Akses Vaksin Mandiri Bagi 27 Juta Orang, Bisa Boosting Vaksin!

Vaksin ini akan datang secara bertahap sejak bulan Agustus.

“Mendapatkan tambahan vaksin selama Agustus sampai Desember 2021 yaitu sebesr 331.675.000 dosis. Dengan rincian 258.675.000  yang sudah pasti, ,dan 73 juta yang belum atau menunggu perkembangan lebih lanjut,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa 31 Agustus 2021.

Jokowi mengatakan upaya tersebut merupakan cara percepatan pemerintah dalam meningkatkan proses vaksinasi. Diharapkan, dengan langkah ini penyebaran pandemi Covid-19 bisa segera ditangani.

Selain pasokan vaksin, Jokowi memastikan ketersediaan obat, anti virus dan vitamin mencukupi untuk kebutuhan masyarakat. Jaminan pasokan itu khususnya bagi pasien positif Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

Nantinya, obat-obatan itu akan didistribusikan langsung ke rumah-rumah warga yang terpapar virus. Mereka tak perlu berinteraksi dengan orang lain untuk mendapatkan obat.  

“Ketersediaan obat, anti virus dan paket vitamin untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri juga terus kita distribusikan ke seluruh daerah, tapi semua ini harus disertai dengan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan,” kata dia.

Jokowi menambahkan hingga saat ini penanganan pandemi cukup berhasil setelah adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga: PPKM Lanjut hingga 6 September, Ini Progres Penyaluran Bansos

Tercatat, tingkat konfirmasi positif terus menurun sebesar 86,9 persen.

“Angka kesembuhan lebih tinggi dibandingkan dengan penembahan kasus konfirmasi positif. Penurunan bed occupancy rate (BOR) nasional 27 persen, akan tetapi kita tidak boleh lengah harus waspada. Semua harus tetap meningkatkan upaya untuk mengendalikan pandemi ini,” pungkasnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.