Dampingi Setiap Tahapan Tumbuh Kembang Anak dengan Mengetahui Fasenya

LIMAPAGI - Peran orang tua dalam memantau pertumbuhan anak sangat penting dan sudah menjadi suatu kewajiban. Bukan hanya ibu yang berperan, melainkan ayah juga harus ambil bagian.

Ketika anak memiliki tumbuh kembang yang baik tentu akan bermanfaat ketika kelak dewasa, baik dari sisi sosial ataupun kesehatan yang dimiliki anak.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Orang Tua Jangan Lupa Pantau Tumbuh Kembang Anak

Dalam hal ini menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Dr. dr. Fitri Hartanto, Sp.A(K), tumbuh kembang anak memiliki fase yang berbeda, baik sejak lahir, usia dua tahun, balita, sekolah, remaja awal, remaja tengah dan akhir.

"Kalau kita dampingi dengan benar ketika menginjak dewasa akan optimal, dan regenerasi anak akan tumbuh dengan baik," katanya dalam acara webinar bersama Danone Indonesia, pada Kamis, 29 Juli 2021.

Lebih lanjut, ia mengatakan setiap anak yang lahir dan ketika orang tua tak mendampingi dengan baik soal tumbuh kembangnya, nanti akan dapat memengaruhi banyak hal salah satunya kesehatan.

"Contoh singkat kalau lupa imunisasi dan kebetulan ada orang yang datang dan main sama anak, ternyata orang tersebut mengalami TBC dan menularkan kepada anak, kalau belum divaksinasi akan berdampak ke otak jadi tidak sehat lagi karena beberapa sel ada yang rusak dan mengganggu kemampuan motorik," tambahnya.

Dokter Hartanto menekankan bahwa setiap fase perkembangan anak akan menentukan fase berikutnya. Sebab, bicara genetik dari orang tua dalam perkembangan anak hanya berperan 20 persen, dan 80 persen dari lingkungan.

"Cara terbaik yaitu melakukan imunisasi, membuat rumah yang nyaman dengan ventilasi yang baik, serta pencahayaan," ujarnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengajak Anak untuk Rajin Olahraga

Selain itu ia menuturkan ada beberapa hal lain yang harus dipikirkan seputar kebutuhan dasar anak seperti (Asuh) agar sel saraf berkembang dan dirangsang dengan stimulasi, (asah) lingkungan harus bisa memberikan kasih sayang yang positif (asih).&
&

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post