Anies Klaim Kasus Positif Covid-19 di DKI Sudah Turun Drastis

LIMAPAGI – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaporkan perkembangan terkini kondisi pandemi Covid-19 di Ibu Kota. Ia mengklaim kasus aktif pasien positif menurun drastis dari lonjakan yang terjadi di Ibu Kota sebelumnya.

Menurut Anies tren penurunan kasus aktif sudah lebih rendah dari puncak gelombang pertama pada Februari 2021 lalu.

“Kasus aktif di Jakarta yang pernah mencapai 113 ribu pada tanggal 16 Juli 2021, kini telah turun menjadi 19 ribu kasus aktif,” kata Gubernur Anies dalam keterangan resmi, Sabtu, 30 Juli 2021.

Baca Juga: Anies Bakal Wajibkan Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Berkegiatan di Jakarta

Penurunan kasus Covid-19 di Jakarta, kata dia seiring dengan pencapaian target vaksinasi untuk masyarakat. Di mana, pada 14 Juni 2021 Presiden Joko Widodo memberikan target 7,5 juta vaksinasi dosis pertama di Jakarta tuntas Agustus 2021.

“Alhamdulillah, hari ini target itu telah tercapai, 7,5 juta vaksin dosis pertama dan 2,5 juta vaksin dosis kedua telah diberikan di Jakarta. Lebih cepat satu bulan dari jadwal,” ujarnya.

Baca Juga: Update Covid-19 per 31 Juli 2021: Pasien Sembuh 39.372, Positif 37.284

Karena sudah banyak warga di Jakarta yang telah menjalankan vaksinasi, maka menurutnya bisa dilihat data nyata efektivitas vaksin di lapangan. Dari 4,2 juta orang KTP DKI yang sudah divaksin minimal dosis 1, ada 2,3 persen yang tetap terinfeksi.

"Sebagian besar tidak bergejala atau hanya bergejala ringan,” tuturnya.

Dari 4,2 juta orang itu menurut Anies sekitar 0,013 persen meninggal karena Covid-19, atau kira-kira 13 kasus per 100 ribu penduduk. Namun, tingkat kasus kematian orang yang sudah divaksin menurun sampai kurang dari 1/3 CFR.

Sehingga, menurutnya vaksin terbukti bisa mengurangi risiko keparahan dan kematian. Maka dari itu, vaksin harus menjadi bagian dari ikhtiar dalam menjaga keselamatan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar kita.
 

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.