Serikat Pekerja Tolak Privatisasi Bisnis Pertamina, Berpotensi Langgar UU

LIMAPAGI - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) memiliki beberapa catatan terkait privatisasi bisnis PT Pertamina (Persero) melalui penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Presiden FSPPB Arie Gumilar menjelaskan, rencana tersebut berpotensi melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pasal 77 huruf c dan d.

Baca Juga: Bisnis Pertamina Bakal Diprivatisasi, Begini Tanggapan Pengamat Energi

"Persero yang tidak dapat diprivatisasi adalah: Persero yang bergerak di bidang usaha sumber daya alam yang secara tegas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dilarang untuk diprivatisasi," kata Arie dalam diskusi virtual, Sabtu 31 Juli 202.

Kemudian, Arie menjelaskan, Pertamina berpotensi memiliki kewajiban untuk membayar pajak yang besar sesuai dengan aturan yang terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 52 tahun 2017 tentang Penggunaan Nilai Buku atas Pengalihan dan Perolehan Harta dalam rangka Penggabungan, Peleburan, Pemekaran atau Pengambilalihan Usaha.

Baca Juga: Dorong Pertamina IPO Anak Usaha, Erick Tohir Ingin BUMN Lebih Transparan

Selanjutnya, adanya transfer pricing yang terjadi di antara subholding dinilai dapat menyebabkan harga pokok produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) melambung. Menurut Arie, jika hal tersebut terjadi, maka rakyat yang akan terkena dampak langsung dari tingginya harga BBM.

Di satu sisi, Pertamina akan kehilangan hak istimewa dari pemerintah ketika perusahaan memutuskan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang juga mengancam program pemerintah yakni terkait Ketahanan Energi Nasional dan Program BBM 1 Harga.

"Jangan sampai karena keserakahan segelintir orang yang memimpin negeri ini, menjadikan lupa akan cita-cita founding father yang mencetuskan Pasal 33 UUD 1945." ujar dia.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.