Inmendagri 42/2021 Diminta Direvisi, Kembalikan Purwakarta ke PPKM Level 2

LIMAPAGI - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meminta pemerintah pusat mengoreksi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 yang menyatakan Kabupaten Purwakarta berstatus PPKM level 4.

Dia mengatakan Imendagri harus segera diselaraskan dengan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkini. Kemenkes telah melakukan penilaian ulang dan hasilnya menyatakan Kabupaten Purwakarta menjalankan PPKM level 2 hingga 20 September mendatang.

"Kemenkes sudah memperbaharui data. Kita diberikan perbaikan data dari PPKM level 4 kembali ke level 2. Hanya saja kita akan menunggu revisi Inmendagri dan mudah-mudahan itu bisa dilakukan," ucap Anne dalam keterangan tertulisnya, Rabu 15 September 2021.

Baca Juga: Alasan Ridwan Kamil Kekeh Purwakarta dan Cirebon Tak Pantas PPKM Level 4

Anne menuturkan, Kabupaten Purwakarta ditetapkan berstatus PPKM level 4 dalam Inmendagri 42/2021 lantaran data lama penanganan Covid-19 di Purwakarta yang belum tersingkronkan dengan data pemerintah pusat.

Namun, Kemenkes telah melakukan perbaikan data yang menyatakan Kabupaten Purwakarta menjalankan PPKM level 2. "Ini terjadi karena ada perbaikan data atau cleansing data antara data Kemenkes yaitu Pikobar dengan data kami di Provinsi Jawa Barat," tuturnya.

Baca Juga: Polda Jabar Bongkar Bisnis Relawan Vaksinasi Jual Sertifikat Vaksin Covid-19

Berdasarkan data dari Kemenkes tersebut, Anne mengaku telah  meminta izin kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil untuk menerapkan aturan sesuai status PPKM level 2 di Kabupaten Purwakarta. Dia menyebut, Ridwan Kamil telah memberikan izin terkait hal tersebut.

"Kita meminta kebijakan untuk aktivitas masyarakat mengacu kepada PPKM level 2 sesuai dengan data real harian. Alhamdulillah, Gubernur merespons bahwa itu bisa dilakukan," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, dua Kabupaten di Jabar yaitu Purwakarta dan Cirebon naik status PPKM menjadi level 4 dalam Inmendagri 42/2021 yang diterbitkan pada 13 September 2021. Padahal pada pekan sebelumnya, seluruh wilayah di Jabar masuk level 3 dan 2.

Menanggapi hal tersebut, Ridwan Kamil tidak sependapat. Dia mengatakan Purwakarta dan Cirebon telah mengalami penurunan kasus Covid-19 sebelum perpanjangan PPKM diberlakukan pada 14 September 2021. Bahkan, kata dia, selama 6 hari terakhir tidak terjadi penambahan angka kematian di Purwakarta.

Ridwan Kamil pun mengaku dalam waktu dekat akan mengadukan permasalahan tersebut kepada pemerintah pusat. "Sedang dikomunikasikan kepada pemerintah pusat," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Selasa, 14 September 2021.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.