Sempitnya Pit Lane Sirkuit Zandvoort Jadi Keluhan Tim-tim F1

LIMAPAGI - Tim-tim Formula One (F1) mengeluhkan kondisi Sirkuit Zandvoort di GP Belanda. Mereka menilai pit lane sirkuit ini begitu sempit sehingga berpotensi terjadinya insiden.

Sebelumnya, terakhir kali sirkuit ini mengadakan ajang balap jet darat ini adalah pada 1985 lalu. Renovasi besar-besaran pun dilakukan agar mengikuti standar regulasi dari FIA saat ini.

Baca juga: Hasil F1 GP Belanda: Verstappen Juara di Rumah Sendiri

Namun, trek sepanjang 4,259 kilometer ini masih mempertahankan paddock dan pit lane yang sama, yakni pit lane yang lebih pendek dan sempit jika dibandingkan dengan sirkuit-sirkuit lainnya.

Hal ini jelas membuat situasi pit lane menjadi sangat padat bila berisikan mobil-mobil yang berada di dalamnya. Hal ini bisa memicu terjadinya insiden tabrakan.

"Mengenai pit lane, ini adalah yang paling sempit dalam kalender balap tahun ini," kata Andreas Seidl, Prinsipal tim McLaren.

"Di Monako, kami memiliki jarak 16 meter dari posisi pit stop yang satu ke posisi pit stop yang lainnya. Sedangkan di sini, kami hanya memiliki 14 meter,"

Keluhan yang serupa juga dilontarkan Toto Wolff, Prinsipal tim Mercedes AMG. "(Pit lane) itu bukan standar dari sirkuit baru, dan itu sungguh menantang," ujarnya.

"Anda harus berhati-hati tentang apa yang terjadi di pit lane, dan pembalap harus mengetahui itu dan beradaptasi dengan cepat."

Keluhan tidak hanya datang dari petinggi tim, tetapi juga dari pebalapnya. Daniel Ricciardo, pebalap tim McLaren, justru lebih mengkhawatirkan keamanan para mekanik daripada pebalap lainnya.

Baca juga: Lewis Hamilton: Max Verstappen Terlalu Cepat di F1 GP Belanda

"Saya pikir ini adalah pit lane tersempit, mungkin lebih kecil daripada Monako. Anda pasti merasakan itu. Jika semua orang datang sekaligus, Anda akan menghadapi banyak ketegangan," ungkapnya.

"Karena jelas, merekalah (para kru mekanik) yang menonjol di pit lane. Dalam situasi itu, mereka berada dalam bahaya." tutur pebalap asal Australia tersebut.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.