Anjing Liar Bahayakan MotoGP Indonesia 2022, Apa Langkah Menparekraf?

LIMAPAGI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, bakal melakukan kolaborasi bersama untuk menciptakan kelancaran MotoGP Indonesia 2022. Event balap internasional itu akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022.

Saat meninjau kawasan Sirkuit Mandalika, Sandiaga mencatat sejumah langkah yang akan dilakukan dalam jangka waktu dekat. Adapun catatan itu terkait penerangan, keadaan air, hingga keberadaan anjing liar.

"Tadi pagi saya berkeliling dan menemukan beberapa catatan seperti penerangan dan air yang kita akan koordinasikan dengan ITDC, dari sisi teknis sudah ditangani oleh tim yang sudah berpengalaman untuk menangani balap tingkat internasional. Untuk fasilitasnya juga sudah kita inspeksi bahwa fasilitas yang ada di sini (Sirkuit Mandalika) juga sudah berstandar internasional," ungkap Sandiaga, dalam keterangan tertulis, Rabu malam, 12 Januari 2022.

Baca Juga: Menko PMK Pertimbangkan Standarisasi Infrastruktur di Papua Sesuai Iklim

Untuk mencari solusi terhadap keberadaan anjing-anjing liar yang ada di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, Sandiaga mengaku akan mengajak masyarakat dan komunitas pecinta anjing atau K9 lovers atau animal lovers setempat.

"Karena ada beberapa anjing yang tertabrak dan dikhawatirkan terjadi kecelakaan dan berakibat fatal bagi para pengemudi jika mencoba menghindari anjing-anjing ini. Kita ingin MotoGP ini berjalan sukses dan masalah sekecil apapun dilakukan dengan pendekatan yang bijaksana," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Alasan Jokowi Setop Ekspor Bahan Mentah: Ingin Buang Warisan Zaman VOC

Dalam kesempatan ini, Sandiga meninjau kesiapan di dalam dan sekitar Sirkuit Mandalika serta mengevaluasi beberapa isu yang harus diselesaikan. Selain infrastruktur, Menparekraf juga mengecek kesiapan akomodasi, pra-event, hingga promosi produk wisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya mendukung kesuksesan acara tersebut.

"Intinya kami ingin memastikan beberapa persiapan yang menjadi tugas kami. Dan kami akan hadir secara tegas untuk mempersiapkannya. Kita punya 65 hari lagi dan pekerjaan rumah (PR) kita sangat berat. Karena selain pembangunan infrastruktur juga harus kita siapkan pre-event ekonomi kreatif, produk-produk ekonomi kreatif, dan bagaimana kita juga bisa memberikan sinyal bahwa perhelatan MotoGP ini menjadi kebangkitan ekonomi," tuturnya.

Baca Juga: Prabowo Dikunjungi Hendropriyono dan Agum Gumelar, Ada Apa?

Dia menyebutkan, pemerintah akan maksimal dalam mempersiapkan salah satu agenda internasional yang dipastikan akan memberikan dampak besar pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami laporkan, persiapan terus kita kerjakan. Kami fully support dan ini arahan dari Presiden bahwa MotoGP ini harus sukses dan tidak ada celah untuk membuat kesalahan atau no room for error. Oleh karena itu kita akan lakukan persiapan secara matang dan pelatihan-pelatihan SDM," tandas Sandiaga usai meninjau area paddock Sirkuit Mandalika.

KABAR LAINNYA