Kemenkes Ungkap Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19 yang Kian Ganas

LIMAPAGI - Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi memaparkan faktor terjadinya lonjakan kasus covid-19 di Indonesia. Nadia mengungkap lonjakan kasus akibat adanya varian Delta.

“Karakteristek Covid-19 varian delta, ia bisa lebih cepat penularannya,” kata Nadia, dalam diskusi daring “Varian Baru Covid-19 Menyebar di Indoneisa, Pemerintah Kecolongan?” pada Selasa, 29 Juni 2021.

Nadia menegaskan, vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca tetap ampuh untuk menetralisir Covid-19 varian delta. Sejauh ini, belum ditemukan bukti yang cukup bahwa varian delta ini menyebabkan terjadinya pengurangan terhadap efektifitas vaksin.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah menemukan varian Delta di banyak kota di Pulau Jawa. Atas dasar itu, pemerintah melakukan upaya percepatan vaksinasi dalam rangka mengendalikan laju penularan

Nadia mengatakan peningkatan kasus belakangan ini cukup signifikan, apabila dibandingkan dengan situasi Desember 2020 sampai Januari 2021.

“Kita lihat Mei 2021, Jakarta jumlahnya tertinggi, bahkan dua kali lipat dari sebelumnya pada Desember 2021 hingga Januari 2021,” ujarnya.

Jadi, sambung Nadia, yang jelas terjadinya peningkatan kasus ini faktor penyebab utamanya adalah mobilitas warga yang tinggi saat Ramadan, pasca idulfitri, serta liburan Lebaran.

Kemudian, protokol kesehatan (prokes) yang kendor di mana terlihat banyak sekali kerumunan-kerumunan di tempat wisata, masyarakat melakukan mudik sehingga memunculkan klaster baru.

“Dua kondisi ini saja, sudah bisa menyebabkan peningkatan laju penulurannya, ditambah lagi kondisi tersebut belum terfasilitasi untuk menghadapi varian baru,” tandasnya.

Nadia menegaskan, Covid-19 varian delta ini kecepatan penularannya bisa enam kali daripada varian alpha. Tentunya, membuat peningkatan kasus berjalan secara cepat.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post