Situsnya Dibobol Hacker, Sekretariat Kabinet Kaji Tindakan Hukum

LIMAPAGI - Situs resmi Sekretariat Kabinet yaitu setkab.go.id sempat mengalami peretasan oleh hacker pada Sabtu 31 Juli 2021 ini.

Adanya pembobolan situs ini dibenarkan oleh pihak Setkab. Mereka pun kemudian langsung melakukan langkah-langkah untuk memulihkan situs penyampai informasi dari Istana tersebut.

“Benar telah terjadi peretasan terhadap website Sekretariat Kabinet sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung dimitigasi oleh tim dari Setkab,” kata Asisten Deputi Bidang Humas dan Protokol Setkab, Said Muhidin, dalam pesan konfirmasinya.

Baca Juga: Situs Sekretariat Kabinet Diretas, Muncul Pesan Kritik ke Pemerintah

Berdasarkan pantauan Limapagi, situs setkab.go.id sudah kembali pada tampilan dan isi semula. Selama masa pemulihan, situs sempat tidak bisa diakses.

“Setelah sempat di-take down untuk pemulihan, per 14.10 WIB website sudah dapat diakses kembali,” ujar Said.

Said menyebut peretasan ini adalah bentuk tindakan kriminal. Karena itu Setkab mengkaji untuk melaporkan pelaku ke aparat penegak hukum.

“Karena peretasan ini sifatnya tindak kriminal, Setkab juga mempertimbangkan untuk memproses tindakan ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” kata Said.

Sebelumnya ketika diretas, tampilan situs setkab.go.id berubah menjadi serba hitam. Kemudian ada foto seorang remaja memegang bendera merah putih.

Baca Juga: Bocornya Data 2 Juta Nasabah BRI Life Diduga Ulah Hacker Bukan Internal

Kemudian terdapat pesan berisi kritik kepada pemerintah di laman situs. Di situ tertulis: Kekacauan Dimana Mana, Indonesia Sedang Tidak Baik Baik Saja. Rakyat Harus Dirumah Tanpa Ada Dispensasi Dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress dan Depresi.

Kemudian juga ada tulisan: Penguasa Menikmati Dunia nya Sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Dimana Keadilan di Negeri Ini?

Reza Fajri
Reza Fajri

Reza is a senior reporter focusing on politic, law, environment and national issues. He has been a journalist since 2014. 

He has long covered the National Police Headquarters, Parliament, Presidential Palace and various other places. He also has interviewed many important figures. Having worked as a reporter for national online media and other publications.

Education: Jakarta Islamic State University, BA in communication and broadcasting.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.