Tempe Mendoan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Kemendikbudristek

LIMAPAGI - Indonesia dikenal menjadi salah satu negara yang memiliki banyak kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Indonesia yang banyak digemari masyarakat dari berbagai kalangan adalah mendoan. Makanan yang berbahan dasar tempe ini dapat dengan mudah ditemukan.

Sebagai informasi, tempe mendoan merupakan makanan khas yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Beberapa waktu lalu tempe mendoan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya takbenda (WBTb).

Penetapan ini dilakukan pada Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta, dari tanggal 26-30 Oktober.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Tempe, Makanan Murah yang Kaya Gizi

Menurut Kepala Seksi Nilai Tradisi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Mispan mengatakan bahwa mendoan terdaftar sebagai WBTb setelah melalui perjalanan panjang sejak tahun 2020.

"Mendoan akhirnya terdaftar sebagai WBTb kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional setelah mengalami perjalanan panjang. Proses pengusulannya sudah dilakukan sejak tahun 2020," kata Mispan di Purwokerto, Banyumas, yang dikutip dari Antara, Minggu, 31 Oktober 2021.

Menurut Mispan, proses seleksi yang panjang ini dilakukan secara berjenjang. Mulai dari seleksi administrasi oleh Sekretariat Warisan Budaya Takbenda, rapat usulan kesatu dan kedua oleh Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda, hingga verifikasi dan pemaparan usulan oleh dinas terkait di tingkat provinsi/kota/kabupaten.

Selain melalui proses penetapan yang panjang, pihak perwakilan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas juga mengirimkan beberapa berkas pembantu.&

Seperti data foto, video dan kajian akademis untuk kebutuhan administrasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang selanjutnya diusulkan ke Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek.

Baca &Juga: Tampil Kekinian, 5 Kreasi Menu Olahan dari Tempe

Tak langsung ditetapkan, pada tahun 2020 tempe mendoan belum bisa lolos sebagai warisan budaya takbenda dalam sidang yang digelar.

"Akan tetapi tahun ini, akhirnya bisa ditetapkan sebagai WBTb. Penetapan ini sangat membanggakan masyarakat Banyumas," tambahnya.

Salah satu penyebab ditetapkan mendoan sebagai warisan budaya takbenda ini menurut Mispan adalah karena mendoan dijadikan sebagai menu sehari-hari serta identitas masyarakat Banyumas.

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post