Di FFI 2021, Jokowi Ungkap Alasan Usmar Ismail Jadi Pahlawan Nasional

LIMAPAGI - Presiden Joko Widodo menghadiri Festival Film Indonesia 2021, Rabu 10 November 2021. Dalam sambutannya, Jokowi mengungkap alasan menganugerahi Bapak Perfilman Indonesia Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional.

Jokowi mengatakan pada 66 tahun lalu, Usmar Ismail dan Jamaludin Malik menjadi pemantik penyelenggaraan FFI sebagai apresiasi tertinggi dunia perfilman Indonesia.

"Karena itu tahun ini pagi tadi sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara saya menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada bapak Haji Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia. Baru tadi pagi," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Tetapkan 4 Pahlawan Nasional Baru, dari Sutradara Film hingga Ulama

Menurut Jokowi semangat pahlawan dan pejuang kebudayaan Usmar Ismail harus terus dijaga. Dengan begitu, Indonesia bisa terus memproduksi karya-karya berkualitas.

"Menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukan keunggulan dan karakter jati diri kita sebagai bangsa dengan kekayaan budaya yang tidak tertandingi," ujar Jokowi.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Ini Rekomendasi Film Indonesia Tema Perjuangan yang Bisa Ditonton

Mantan Wali Kota Solo itu mengungkap dirinya bangga. Sebab, di tengah pandemi masih ada film Indonesia yang meraih prestasi internasional. Prestasi itu, kata Jokowi, bahkan mengungguli pencapaian negara-negara di Asia Tenggara.

"Prestasi yang mengungguli negara-negara lain di Asia Tenggara dan saya melihat memang bermacam-macam arah sudut cerita yang diambil seperti tadi baik mengenai syariah yang ada di Aceh, kemudian juga mengenai perempuan," imbuh Jokowi.

KABAR LAINNYA