Warganet Kecam Bocah Viral Tendang Nenek di Pati, Faktanya Bikin Empati

LIMAPAGI - Video pendek yang memperlihatkan aksi anak di bawah umur asal Pati menendang neneknya viral di sosial media. Aksi bocah itu tuai kecaman, namun ternyata faktanya bikin berempati.

Diketahui akun Tiktok @blokbojonegoro menjadi penyebar pertama video viral ini. Tidak diketahui secara pasti siapa yang merekam video tersebut.

Dalam video berdurasi 18 detik itu terlihat seorang anak lelaki mengenakan kaos dan celana oranye menghampiri neneknya yang sedang menjemur baju di halaman rumah. Bocah dibawah umur itu terlihat membawa sebuah kayu di tangan kirinya.

Baca Juga: Diduga Jadi Korban Penganiayaan Kapolres Nunukan, Bripka SL Jalani Visum

Sembari sesekali melihat ke arah perekam video, anak itu menendang dan memukul tubuh neneknya beberapa kali. Semula neneknya berusaha menghiraukan aksi penganiayaan yang dilakukan bocah lelaku itu.

Setelah merasa tak tahan, neneknya berbalik badan meninggalkan lokasi jemuran baju dan berjalan menuju rumahnya. Namun nahas, cucunya itu kembali menendangnya dengan keras hingga dia nyaris jatuh.

Baca Juga: Setelah Aniaya, 14 Warga Garut Kubur Hidup-hidup Pencuri Sayur

Tak hanya menendang, bocah tersebut juga melontarkan kata-kata kasar pada neneknya. Dari unggahan @blokbojonegoro diketahui anak tersebut menganiaya neneknya sebab kesal laptopnya mau dijual untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

"Kejadian ini di Desa Blaru Kota Pati Jawa Tengah. Anak ini berusia 10 tahun, yang ditendang ini neneknya," tulis @blokbojonegoro dalam unggahannya, Sabtu, 30 Oktober 2021.

"Orang tua anak ini sudah kualahan mendidik anak ini. Oleh sebab itu anak ini didik neneknya. Di kejadian ini si nenek mau menjual laptop anak ini untuk biaya kebutuhan. Semoga anak ini diberikan kesadaran," imbuhnya.

Baca Juga: Irjen Napoleon Diperiksa Polisi Hari Ini Terkait Penganiayaan Muhammad Kece

Aksi penganiayaan yang dilakukan anak dibawah umur ini sontak langsung hujan kecaman dari warganet. Dari pantauan Limapagi pada Minggu pagi, 31 Oktober 2021, video tersebut telah ditonton lebih dari 28,5 juta kali dan 945 ribu komentar kecaman warganet banjiri kolom komentar unggahan tersebut.

Banyak warganet yang menyayangkan cara anak tersebut meluapkan emosi dan kekesalannya pada neneknya. Warganet berpendapat semarah-marahnya anak pada orang tua, tak seharusnya meluapkannya dengan tendangan dan pemukulan.

"Semarah-marahnya gw ke orang tua gw gak pernah tuh yang namanya mukul/nendang orang tua," kata @mengmiku.

Sejumlah warganet juga ada yang mengkritisi aksi perekam video yang diam saja saat melihat anak itu menendang neneknya. Kekesalan ini diungkapkan @deniwibu.

"Kesel sama yang ngrekam gw mah bukannya dibantuin," tandas @deniwibu.

Baca Juga: Ketua RT Aniaya 2 Mahasiswa dan Guru saat Diskusi di Makassar

Beberapa warganet yang bijak juga ada yang menyarankan agak anak tersebut segera mendapatkan penangan psikis. Agar prilakunya tidak semakin parah saat dewasa.

"Sepertinya harus di hipnoterapi deh, mumpung masih kecil (masih bsa diprogam ulang ke setelan pabrik," saran @danielsteven.

Meski aksi ini banyak dikecam warganet, akan tetapi fakta kehidupan anak tersebut cukup mendulang empati. Dimana anak tersebut kekurangan kasih sayang dari oeng tuanya, sebab ayah dan ibunya telah bercerai.

Ayahnya yang telah memiliki rumah tangga baru dan ibunya yang bekerja di luar kota memilih menitipkan anak itu pada neneknya.

Fakta lain yang tak kalah menyedihkan, bocah 10 tahun itu diketahui sempat menjadi korban bullying oleh teman sekolahnya hingga harus pindah sekolah. Hal ini yang diduga menjadi pemicu anak tersebut meluapkan emosinya secara berlebihan pada orang terdekatnya.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post