Jadi Makanan Kerajaan, Ini 4 Fakta Unik dari Tempe yang Perlu Kamu Ketahui

LIMAPAGI - Tempe merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Menjadi makanan sebagian besar masyarakat Indonesia membuat tempe mudah ditemukan di beberapa wilayah.&

Perlu diketahui bahwa makanan yang berbahan dasar dari fermentasi kacang kedelai ini memiliki banyak fakta unik di dalamnya, seperti halnya kaya akan manfaat.

Selain itu, fakta menariknya tempe ternyata lebih sehat daripada daging, lho. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta menarik dari tempe yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Tempe Mendoan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Kemendikbudristek

1. Harga tempe di luar negeri lebih mahal

Fakta pertama yang perlu diketahui dari tempe adalah ternyata tempe menjadi salah satu menu makanan yang berharga di luar negeri. Pasalnya yang kita ketahui tempe memiliki harga sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk satu potong tempe di Indonesia.

Namun, harga tempe di luar negeri terbilang cukup mahal bahkan menjadi salah satu makanan mewah. Perlu diketahui, harga tempe di Arab Saudi untuk satu potongnya seharga Rp50 ribu.

2. Mengandung banyak vitamin

Fakta selanjutnya dari tempe adalah ternyata tempe memiliki banyak vitamin. Melansir dari beberapa sumber, tempe mengandung vitamin B, mineral, zat besi, zinc, isoflavon, riboflavin, lemak nabati, fosfor, dan karoten.&

3. Makanan khas kerajaan

Hal mengejutkan selanjutnya adalah ternyata tempe merupakan makanan khas kerajaan Jawa Kuno. Ini menandakan tempe telah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun lalu.

Jika mengutip dari kitab Jawa Kuno, Serat Centhini, tempe merupakan makanan yang hanya dinikmati oleh keluarga kerajaan di Indonesia pada Abad ke-18.

Baca Juga: Tempe hingga Kimchi, 5 Makanan Fermentasi Terbaik untuk Cegah Penyakit

4. Mampu mengatasi berbagai penyakit

Fakta unik selanjutnya dari tempe adalah tempe dapat mampu membantu mengatasi berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki tempe dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit.&

Selain itu, mengonsumsi tempe bahkan sangat baik bagi seseorang yang mengalami kekurangan gizi. Selain itu, tempe juga memiliki manfaat baik untuk berbagai masalah pencernaan.

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post