Tips Aman Menyusui bagi Ibu Positif Covid-19

LIMAPAGI - Penyebaran virus Covid-19 yang begitu cepat dan mudah membuat sebagian orang ketakutan. Khususnya para ibu yang terpapar virus Covid-19 tetapi memiliki bayi. Terdapat kekhawatiran yang mereka rasakan, yaitu mereka tidak ingin meninggalkan kewajiban menyusui anaknya namun tetap khawatir takut sang anak terpapar juga.

Kabar baiknya mengutip dari CDC, Kamis 29 Juli 2021 virus Covid-19 belum ditemukan dalam ASI. Pasalnya menurut penelitian sejauh ini virus Covid-19 melakukan penyebaran hanya dari droplets.

Baca Juga: Catat! Ini Tips biar Produksi ASI Melimpah ala Citra Kirana

Maka dari itu, meskipun terpapar Covid-19, ibu masih tetap dapat menyusui sang anak. Hal yang perlu diperhatikan adalah keamanan selama menyusui anak guna mencegah anak terpapar juga. Tetapi sebelum memutuskan untuk menyusui anak, kamu disarankan untuk berkonsultasi mengenai kesehatan atau virus yang berkembang dalam tubuh kamu dengan penyedia layanan kesehatan.

Jika sang dokter mengizinkan kamu untuk tetap menyusui anak terdapat beberapa tips aman yang harus kamu perhatian. Lakukan tips ini setiap kamu hendak menyusui anak agar anak kamu juga terhindar dari paparan virus Covid-19.

Berikut ini beberapa tips aman menyusui untuk ibu yang positif Covid-19.

1.Cuci tangan sebelum menyentuh payudara

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar dapat tetap aman saat menyusui adalah mencuci tangan. Mencuci tangan menjadi satu langkah yang harus kamu lakukan guna membunuh kuman-kuman yang berada di tanganmu.

Pastikan kamu mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun di bawah air mengalir.

2. Pakai masker saat menyusui

Virus Covid-19 dapat tersebar melalui percikan batuk, bersin dan suara. Maka dari itu, ketika hendak menyusui atau pompa payudara hendaknya kamu menggunakan masker. Kamu dapat menggunakan masker dobel guna mencegah percikan yang jatuh ke anak atau ke botol.

3. Bersihkan peralatan menyusui secara rutin

Jika kamu memilih untuk memberi ASI perah kepada anak, kamu disarankan untuk memastikan kebersihan pada botol dan alat pompa payudara. Bersihkan peralatan menyusui menggunakan sabun dan jangan lupa untuk menyimpan peralatan ini di ruang steril.

Baca Juga: Apa itu ASI?

4. Gunakan peralatan menyusui sendiri

Jika kamu terkonfirmasi positif Covid-19 dan menyusui, alangkah baiknya bagi kamu untuk memiliki peralatan menyusui sendiri. Kamu dilarang keras untuk menggunakan alat menyusui yang dipakai bersama-sama (sewa).

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post