Badan Antariksa China Ungkap Rumah Misterius di Bulan, Ini Faktanya

LIMAPAGI - Pada Desember 2021, Badan Antariksa China dikejutkan dengan penemuan objek 'rumah misterius' dib sisi terjauh Bulan.

Objek tersebut pertama kali ditangkap oleh kamera rover Yutu-2 pada awal Desember saat menjelajahi kawah Von Karman di Kutub Selatan Bulan.

Baca Juga: Jepang Berencana Menjelajahi Bulan dan Mars

Sayangnya, hasil foto yang blur dan sudut pandang terbatas membuat objek tersebut terlihat seperti gubuk yang berbentuk kubus.

Bentuknya cukup simetris dengan bagian atas datar sehingga para ahli program Our Space dari China National Space Administration beranggapan objek ini merupakan gubuk tempat pionir alien.

Karena itu, peneliti kemudian memutuskan mendekati objek tersebut dengan mengirimkan rover Yutu-2 dalam perjalanan sejauh 100 meter.

Sebulan kemudian, rover tersebut berhasil mendekati objek misterius itu dan mengirimkan foto terbarunya ke Bumi.

Di luar ekspektasi, objek misterius itu hanya sebuah batu yang ukurannya tidak begitu besar.

Our Space menamakan batu tersebut dengan 'jade rabbit' atau kelinci giok. Sebab, sekilas berbentuk seperti kelinci yang sedang menunduk.

Jurnalis program luar angkasa China, Andrew Jones mengatakan penemuan ini merupakan sesuatu yang mengecewakan tapi brilian.

"Permukaan Bulan terdiri dari 38 juta kilometer persegi bebatuan, jadi secara astronomis akan luar biasa jika temuan itu menjadi sesuatu yang lain," kata Jones dalam cuitannya di Twitter, melansir dari Live Science, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Ilmuwan MIT Ungkap Robot Mirip UFO Bisa Melayang di Bulan

Selanjutnya, setelah menemukan objek misterius ini, Yutu-2 akan menjalankan misinya di Bulan untuk mengelilingi kawah Von Karman yang luasnya 186 km.

Yutu-2 bekerja mengandalkan panel surya, sehingga membutuhkan waktu sampai satu bulan hanya untuk menempuh perjalanan 100 meter.

KABAR LAINNYA