Ratusan Anggota TNI Diterjunkan Kebut Vaksinasi 10.000 Warga per Hari

LIMAPAGI - Ratusan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan diterjunkan membantu vaksinasi warga di sentra vaksinasi Covid-19 Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

Sentra vaksinasi Covid-19 di JIExpo, tepatnya di Hall C dan D3, telah dibuka sejak Senin, 28 Juni 2021 dan akan terus beroperasi sampai 4 Juli 2021.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto  mengatakan, target yang diemban pasukan TNI dalam memperbantukan tenaga kesehatan (nakes) menyelesaikan vaksinasi untuk 10.000 orang per hari. 

“Saat ini, kami melaksanakan di tempat ini sebanyak 10.000 per hari dan ini akan berlangsung setiap hari,” kata Hadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa, 29 Juni 2021, seperti dikutip Antara.

Hadi menjelaskan setidaknya ada 30 tenaga kesehatan anggota TNI dan 129 siswa perwira karir tenaga kesehatan TNI, yang menjadi vaksinator dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini. 

Selain itu, vaksinasi Covid-19 ini  juga diperbantukan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Markas Besar TNI, Kementerian Kesehatan RI, dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Sementara itu, 30 tenaga kesehatan lainnya berasal dari Walubi,” tambahnya. 

Selain itu, lanjut hadi,  TNI juga membantu pengamanan serta proses pelaksanaan vaksinasi, termasuk di antaranya pengaturan antrean warga yang akan menerima vaksin Covid-19. 

Hadi juga menyebut, pihak kepolisian akan turut mengerahkan tenaga kesehatan dan pasukannya.

“Demikian dari Polri juga, besok akan menambah kekuatan anggota Polri, bergabung di tempat ini untuk diberikan briefing (pelatihan) selama satu hari, kemudian kita sebar ke wilayah masing-masing,” terangnya.

Hadi mengatakan pihaknya siap memenuhi target yang diberikan oleh pemerintah, yaitu vaksinasi 200.000 orang per hari demi memenuhi target vaksinasi satu juta warga per hari.

“Target yang diberikan Pak Menkes (Menteri Kesehatan, Red) adalah satu hari TNI harus mampu melaksanakan vaksinasi sebanyak 200.000 di seluruh wilayah. Polri juga demikian 200.000 sehingga 400.000 dikerjakan oleh TNI Polri setiap hari. 600.000 nanti akan dikerjakan gabungan antara pemerintah daerah dan tenaga kesehatan,” paparnya.
 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post